sign up SIGN UP search


trending

Penata Rambut Positif Corona, 91 Orang Diduga Ikut Tertular

Siti Hafadzoh   |   Haibunda Senin, 25 May 2020 07:00 WIB
Businessman in barber shop caption
Jakarta -

Seorang penata rambut (hair stylist) yang terinfeksi virus corona bekerja selama 8 hari di bulan ini. Ada sekitar 91 orang yang berinteraksi dengannya, Bunda.

Sekitar 84 pelanggan mendapat layanan dari penata rambut yang bekerja di salon Great Klip, Missouri Amerika Serikar. Menurut direktur Departemen Kesehatan Springfield, Clay Goddard tujuh rekan kerja orang tersebut juga terpapar.

Belum jelas kapan stylist dinyatakan positif corona. Tapi, infeksi ini diyakini terjadi ketika ia bepergian.


Hair stylist yang tidak disebutkan namanya ini bekerja sejak 12 Mei hingga rabu kemarin. Pada saat itu, bisnis tempat cukur dan salon masih diizinkan beroperasi, Bunda.

Pelanggan dan pegawai di tempat cukur rambut itu memakai penutup wajah. Sehingga, diharapkan tidak terjadi penularan.

"Ada harapan departemen bahwa karena penutup wajah yang dikenakan selama waktu itu, tidak ada kasus tambahan yang akan dihasilkan," kata Goddard dikutip dari CNN.

Goddard tidak memberi tahu secara rinci tentang identitas dan kondisi penata rambut yang satu ini. Ia mengatakan, penata rambut itu menyimpan catatan siapa saja pelanggannya untuk memungkinkan melacak kontak.

Selain di tempat kerja, departemen kesehatan juga melacak kontak ke beberapa tempat yang dikunjungi penata rambut ini. Termasuk Dairy Queen, Walmart, dan apotek setempat.

Bicara soal penularan Covid-19, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyebut virus ini lebih mudah antara orang ke orang. Dikutip dari situs resmi CDC, virus tidak menyebar dengan mudah melalui benda yang terkontaminasi.

Meskipun benda bukan merupakan jalur utama penularan virus ini, kita harus tetap waspada ya, Bunda. Tetap lakukan tindakan pencegahan. Salah satunya tidak menyentuh uang dan membersihkan benda-benda dengan disinfektan.

Selalu waspada dan jaga kesehatan ya, Bunda. Supaya tidak tertular Covid-19.

Lihat juga fakta dan data corona yang wajib Bunda ketahui berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!