sign up SIGN UP search


trending

Cerita Uya Kuya Positif COVID-19, Sempat Tak Sadarkan Diri & Nangis Tiap Hari

Annisa Afani Kamis, 18 Feb 2021 11:47 WIB
UYA KUYA MENANGIS
Uya Kuya caption

Selama ini Uya Kuya dikenal sebagai pribadi yang ceria dan menyenangkan, Bunda. Akan tetapi, pada akhirnya ia breakdown karena mengidap COVID-19.

Untungnya, Astrid yang hanya bergejala ringan dapat dirawat bersama Uya dalam satu ruangan. Sehingga mereka dapat saling menjaga di tengah perjuangan melawan COVID-19.

Momen menangis yang dialami Uya terjadi saat di rumah sakit berlangsung, Bunda. Katanya, karena mulut tak dapat menelan apapun, ia hanya pasrah dengan obat-obatan yang disuntikkan pada tubuhnya.


"Saking enggak bisa dari mulut, obat-obatan semua sampai yang termahal disuntikkan. Masuk obat ke dalam darah itu sakit, gue sampai setiap hari nangis karena sakitnya," papar Uya.

"Masuknya obat ke dalam darah itu perihnya kaya disayat-sayat. Dari malam selesainya pagi, itu enggak bisa tidur," kenangnya ngeri.

Selanjutnya, Astrid memberikan beberapa pesan sebagai pelajaran yang ia petik selama masa perawatan, Bunda. Katanya, isoman itu enggak bisa sembarangan, ada beberapa alat yang mesti dipersiapkan.

"Isoman itu enggak sembarangan, mentang-mentang OTG atau batuk kecil, ngerasa bakal aman. Ada alat yang mesti dimiliki untuk memantau kondisi," terangnya.

"Harus ada saturasi oksigen supaya lihat skala oksigen dalam darah. Uya ini enggak batuk, tapi oksigennya dari 95 anjlok ke 88 saat demam tinggi dan menyebabkan dia pingsan," lanjutnya.

Selain saturasi oksigen, Astrid juga memaparkan beberapa alat lain. Diantaranya termometer, alat tensi, serta oksigen untuk membantu saat alami sesak napas.

Dari pengalaman Uya ini, kita bisa ambil pelajaran berharga ya, Bunda. Jangan sia-siakan kesehatan dengan tak patuh pada protokol kesehatan.

Tetap terapkan 3 M, yakni rutin mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak dengan orang lain, dan menggunakan masker saat berada di tempat umum.

(AFN/som)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Rekomendasi