sign up SIGN UP search


menyusui

5 Fakta Seputar COVID-19 dan Ibu Menyusui, Bunda Perlu Tahu

Annisa Karnesyia Rabu, 17 Feb 2021 12:46 WIB
Two people, mother with protective mask breastfeeding her baby son at home, they are at home do to pandemic outbreak quarantine. caption
Jakarta -

Pandemi COVID-19 membuat banyak orang tua khawatir dengan kesehatan dan masa depan buah hatinya. Tak terkecuali bagi ibu menyusui, Bunda.

Menyusui selama pandemi tentu tidak mudah. Banyak mitos dan opini yang beredar di masyarakat soal penularan virus melalui proses menyusui.

Padahal, sejak dulu menyusui menjadi salah satu cara kita melindungi anak dari penyakit. Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa menyusui adalah cara efektif untuk memastikan kesehatan dan kelangsungan hidup anak.


"ASI adalah makanan yang ideal untuk bayi karena aman, bersih, dan mengandung antibodi yang membantu melindunginya dari banyak penyakit umum di masa kanak-kanak," demikian kata WHO, dikutip dari laman resminya.

Selama masa pandemi ini, tak sedikit ibu menyusui resah dan khawatir dalam memberikan nutrisi dari ASI. Untuk itu, berikut telah HaiBunda rangkum 5 fakta tentang COVID-19 dan ibu menyusui:

1. Benarkah virus COVID-19 bisa masuk ke ASI?

Virus COVID-19 dapat menular melalui percikan atau droplet ketika orang yang terinfeksi bersin atau batuk. Meski penelitiannya masih terbatas, para peneliti belum menemukan virus ini bisa menular atau terkandung dalam ASI.

Dilansir Healthline, saat ini hanya dua studi kasus yang melaporkan temuan tersebut. China melaporkan bahwa virus baru Corona tidak ditemukan dalam ASI dari salah satu wanita yang jatuh sakit karena COVID-19 di akhir trimester kehamilan.

"Dua wanita (dalam studi) tersebut melahirkan bayi sehat dan tidak terinfeksi virus Corona. Para ibu menghindari kontak kulit dengan bayinya dan mengisolasi diri sampai mereka sembuh," ujar dokter dan ahli nutrisi, Noreen Iftikhar, MD.

Studi medis lanjutan mungkin diperlukan untuk mengetahui virus COVID-19 ada di ASI. Sebaiknya hubungi dokter jika Bunda tidak yakin harus menyusui Si Kecil.

Baca halaman berikutnya untuk tahu fakta lainnya ya, Bunda.

Simak juga cara aman cegah kehamilan dengan menyusui, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Tanaman Hias Alokasia
ASI BISA BIKIN TUBUH KEBAL DARI COVID-19?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi