sign up SIGN UP search


trending

Cerita Anggun Nurajijah, Anak Penjual Tahu yang Raih Emas di PON XX Papua

Asri Ediyati Rabu, 06 Oct 2021 14:04 WIB
Anggun Nurajijah (berkerudung dan berseragam hitam) bersama dengan para atlet peraih medali. caption
Jakarta -

Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua diselenggarakan hingga 15 Oktober mendatang. Sejumlah atlet hebat mewakili masing-masing kontingen. Salah satunya atlet Judo asal kontingen Jawa Barat, Anggun Nurajijah.

Anggun berhasil menorehkan prestasi di PON XX Papua, Bunda. Ia mendapat medali emas di olahraga Judo kelas 45 kg putri. Anggun berhasil memboyong medali emas untuk Jawa Barat setelah mengalahkan lawannya pada tanggal 29 September 2021 lalu.

Alumni UBSI Kampus Karawang ini memang memiliki bakat di bidang bela diri sejak kecil, Bunda. Mengutip laman Ikatan Alumni UBSI, setiap tahun Anggun menorehkan prestasi gemilang.


Berikut prestasi yang telah berhasil Anggun dapatkan dalam tiga tahun terakhir:

  • Juara 2 1St South East Asia SAMBO Championships 2018
  • Juara 1 Judo PORDA XIII Jawa Barat 2018
  • Juara 2 Kejurnas JUDO, Kartika CUP 2019
  • Juara 1 Judo Pekan Olahraha Mahasiswa Tingkat Nasional (POMNAS) 2019
  • Juara 1 Kejuaraan Judo Piala Gurbernur Jawa Barat 2019
  • Juara 1¬†PON XX Papua 2021 Cabang Olahraga Judo 2021

Mendapat sejumlah prestasi bergengsi di olahraga Judo, Anggun pernah mengatakan, "Tidak cukup berdiam diri dan merasa puas dengan apa yang didapatkan saat ini, teruslah berlatih dan berjuang demi masa depan yang lebih cerah."

Banner Pesan Novel Baswedan untuk IstriBanner Pesan Novel Baswedan untuk Istri/ Foto: HaiBunda/Mia

Inspiratif ya, Bunda? Tak hanya itu, masa kecil Anggun yang merupakan anak penjual tahu keliling ini menarik untuk dibahas, lho. Dalam wawancara kepada detikcom, Anggun Nurajijah mengaku pertama kali kenal Judo saat duduk di bangku sekolah dasar (SD).

"Pertama kali kenal Judo waktu kelas 5 SD. Berawal dari ikut teman main dan semakin lama menekuni olahraga bela diri Judo ini, saya jadi makin tertarik dan ingin terus berlatih judo," kata Anggun, Sabtu (2/10/2021).

Alumni SMA Negeri 4 Karawang ini lantas mengaku suka Judo karena banyak makna filosofis, Bunda. Makna filosofisnya tentang sikap diri dan disiplin, selain menguatkan fisik dan mental.

"Alasan saya suka Judo, karena olahraga beladiri ini menyenangkan, tidak hanya belajar ilmu beladiri tapi juga banyak manfaatnya seperti belajar disiplin, sikap diri, bertanggungjawab, sportivitas, menguatkan jasmani, atau fisik dan mental," kata atlet yang tinggal di Kampung Babakan Tengah, Kecamatan Karawang Timur ini.

Dari ketertarikan tersebut, Anggun mulai serius menekuni Judo hingga kemudian daftar ke Padepokan Judo Taruna Karawang. Dari situ, bakat Anggun terasah dan ia memenangkan berbagai kejuaraan.

Anggun juga menceritakan bahwa ia juga berkeinginan mengangkat derajat kedua orangtuanya. TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

(aci/fir)
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!