sign up SIGN UP search


trending

Pertama di Dunia Bun, Transplantasi Jantung Babi ke Tubuh Manusia

Annisa A   |   Haibunda Rabu, 12 Jan 2022 19:40 WIB
Asian doctor and an assistant in the operating room for surgical venous vascular surgery clinic in hospital. caption
Jakarta -

PraktikĀ transplantasi organ terus berkembang pesat hingga saat ini. Para dokter di Maryland, Amerika Serikat, berhasil melakukan transplantasi jantung babi kepada manusia.

Hasil penelitian itu disampaikan oleh University of Maryland Medicine pada Senin (10/1/2022). Dalam laporan tersebut, seorang pria berusia 57 tahun telah pulih selama tiga hari usai menerima jantung babi yang sudah dimodifikasi secara genetik.

Tindakan tersebut menjadi langkah kemajuan yang besar dalam upaya transplantasi organ hewan ke manusia selama beberapa dekade terakhir.


Pria bernama David Bennett tersebut memiliki riwayat penyakit jantung terminal. Ia sangat membutuhkan transplantasi jantung agar dapat bertahan hidup. Namun pada saat itu, jantung babi adalah satu-satunya pilihan yang tersedia.

Melansir dari CNN, Bennett dianggap tidak memenuhi syarat untuk transplantasi jantung konvensional atau pompa jantung buatan setelah meninjau catatan medisnya.

"Ini ibarat hidup atau mati untuk melakukan transplantasi ini, tetapi saya ingin hidup. Saya tahu bahwa ini sangat berisiko, tetapi ini adalah pilihan terakhir saya," tutur Bennett sebelum operasi, dalam keterangan rilis yang dibagikan.

Banner Tanaman Hias dengan Hidroponik

Atas persetujuan pasien, Badan Pengawas Obat dan Pangan Amerika Serikat akhirnya memberikan izin darurat untuk melakukan operasi pada 31 Desember lalu. Dibutuhkan teknik yang rumit untuk melakukan prosedur transplantasi ini, Bunda.

Tiga gen yang bertanggung jawab untuk penolakan organ babi terhadap sistem kekebalan manusia disingkirkan dariĀ jantung tersebut. Satu gen lainnya juga disingkirkan untuk mencegah pertumbuhan jaringan jantung babi yang berlebihan.

Sebaliknya, enam gen manusia yang berperan untuk menerima imunitas dimasukkan ke dalamnya. Usai dilakukan operasi, tim dokter harus memantau Bennett selama berminggu-minggu. Para dokter akan melihat apakah transplantasi itu berhasil memberikan manfaat yang menyelamatkan jiwa Bennett.

Bennett juga dipantau untuk melihat apakan transplantasi tersebut memberikan masalah sistem kekebalan atau komplikasi lainnya. Transplantasi organ hewan ke manusia seringkali gagal karena tubuh manusia yang menolak benda asing.

Setelah menjalani operasi, Bennett terus dihubungkan ke alat bantu yang memperkuat sirkulasi darahnya. Ia bisa jadi sedang berada dalam kondisi kritis setelah dioperasi. Bagaimana kondisinya usai menerima jantung babi? Baca di halaman berikutnya, Bunda.

Saksikan juga video seputar mitos dan fakta serangan jantung di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

KONDISI PASIEN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!