sign up SIGN UP search


trending

Demi Keamanan, Ridwan Kamil Sarankan Pasang CCTV di Sungai Aare Swiss

ANNISAAFANI   |   Haibunda Selasa, 07 Jun 2022 11:54 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama istri dan anak bungsunya di pinggir Sungai Aare Bern, Swiss sebelum pulang ke Bandung. caption
Jakarta -

Gubernur Jabar Ridwan Kamil sudah kembali ke Tanah Air usai berjuang mencari putranya, Eril yang hanyut di sungai Aare, Bern, Swiss. Terkait hal tersebut, Ridwan Kamil memberikan masukan terkait keamanan dan keselamatan di sana.

Ridwan Kamil menyampaikan langsung masukannya kepada Wali Kota Bern Alec von Graffenried. Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Swiss Muliaman Hadad mengatakan telah menyampaikan pesan tersebut kepada otoritas setempat.

Hal ini dilakukan agar Sungai Aare lebih aman. Sehingga, kejadian yang menimpa Emmeril Kahn Mumtadz, anak sulung Ridwan Kamil tak terulang lagi.


"Menyampaikan masukan ke Mayor of Bern. Termasuk usulan dari Pak Gubernur. Ya, Pak Gubernur memberi masukan harus ada sejumlah CCTV di sepanjang sungai, yang digunakan sebagai tempat berenang warga," kata Muliaman dikutip dari detikcom pada Senin (6/6/2022).

Muliaman mengatakan usulan dari Ridwan Kamil itu ditanggapi secara positif oleh otoritas setempat. Muliaman juga menjelaskan pemerintah Bern sejatinya telah mengampanyekan keselamatan berenang di Sungai Aare sejak 2019.

Banner Resep Budget Rp30 Ribu=

Muliaman membeberkan kampanye keselamatan itu merupakan bentuk ikhtiar pemerintah Bern untuk mencegah adanya korban hanyut. Sebab, diakui Muliaman, Sungai Aare memakan korban jiwa setiap tahunnya.

"Salah satunya dengan memberikan tanda sinyal, indikator digital suhu udara, suhu air, dan sinyal lain di sungai. Kapan harus keluar sungai, zona aman dan bahaya. Inisiatif ini menjadi respons kejadian serupa dari tahun sebelumnya. Sudah terjadi lama dan setiap musim panas selalu ada korban," kata Muliaman.

Muliaman menambahkan gerakan kampanye keselamatan di Sungai Aare juga dilakukan oleh pencinta sungai. Selain itu, pemerintah setempat juga telah memanfaatkan teknologi, salah satunya membuat aplikasi informasi tentang Sungai Aare.

Seperti diketahui, Sungai Aare dihujani ulasan negatif dari warga Indonesia usai Eril dikabarkan terseret arus.

Muliaman juga mengatakan saat ini operasi pencarian Eril masih dilakukan. Metode yang digunakan pun tak jauh beda dengan sebelumnya, seperti penggunaan drone, perahu, patroli darat dan lainnya. Metode pencarian disesuaikan dengan kondisi cuaca.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI. 

Bunda, simak juga puisi Ridwan Kamil untuk Sungai Aare dan Eril dalam video berikut, ya:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/fir)
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!