sign up SIGN UP search


trending

Kasus Eksploitasi Seksual Anak-Anak, R Kelly Disebut Jaksa Pantas Dihukum 25 Thn Penjara

ANNISAAFANI   |   Haibunda Senin, 13 Jun 2022 23:20 WIB
Ilustrasi penjara caption
Jakarta -

Beberapa waktu yang lalu, jaksa pengadilan New York menyatakan penyanyi R Kelly bersalah atas beberapa dakwaan, Bunda. Selain pemerasan, ia juga terjerat kasus eksploitasi seksual pada anak-anak.

Jaksa federal mengatakan bintang R&B harus menghabiskan setidaknya 25 tahun penjara. Pria berusia 55 tahun tersebut secara resmi dijatuhi hukuman pada 29 Juni mendatang.

Selain itu, jaksa juga menemukan bahwa R Kelly bekerja sama dengan beberapa oknum demi bisa bertemu dengan perempuan di bawah umur dan lakukan eksploitasi. Ia bahkan disebut memanfaatkan popularitasnya demi melancarkan aksi bejat tersebut.


"Kelly menggunakan ketenaran, uang, dan popularitasnya untuk secara sistematis memangsa anak-anak dan wanita muda demi kepuasan seksualnya sendiri," dikutip dari CNN pada Jumat (10/6/2022).

Sebelumnya, R Kelly juga dituduh menikahi penyanyi R&B Aaliyah pada tahun 1994. Ketika itu, Aaliyah baru berusia 15 tahun, sementara dirinya 27 tahun.

Namun, saksi menyatakan di pengadilan bahwa Aaliyah dinikahi dengan lisensi yang mencantumkan usianya sudah menginjak 18 tahun karena khawatir ada kehamilan. Saat ketahuan, pernikahan itu dibatalkan pada Februari 1995.

Dalam persidangan yang sama, jaksa berpendapat bahwa R Kelly tidak menunjukkan penyesalan atas apa yang dia lakukan, Bunda. Ia seperti yakin tindakan tersebut dapat dikesampingkan karena memiliki bakat bermusik, tidak peduli seberapa predator, berbahaya, memalukan atau jahatnya perilaku itu berdasarkan aturan hukum.

Banner Risiko Hamil di Usia 35 TahunFoto: HaiBunda/ Novita Rizki

Mengutip BBC, R Kelly sendiri awalnya adalah korban pelecehan seks anak. Ia bahkan pernah merincikan dalam otobiografinya, bagaimana dia pernah diperkosa oleh seorang anggota keluarga perempuan ketika masih berusia delapan tahun.

Sejarah tuduhan kejahatan seksual R Kelly

Selama lebih dari dua dekade terakhir, R Kelly menghadapi tuduhan pelecehan seksual, Bunda. Simak rangkuman berikut:

1994: Menikah dengan Aaliyah

R Kelly menikah dengan Aaliyah dalam sebuah upacara rahasia di Chicago. Ketika itu, ia berusia berusia 27 tahun, sedangkan Aaliyah 15 tahun.

Majalah Vibe kemudian menemukan Aaliyah telah berbohong tentang usianya di akta pernikahan, dengan mencantumkan dirinya sebagai 18 tahun. Pernikahan itu dibatalkan pada Februari 1995.

Mantan manajer R Kelly bersaksi di persidangan bahwa dia menyuap seorang pegawai pemerintah pada tahun 1994 untuk mendapatkan ID palsu untuk Aaliyah. Oleh karena itu lah, ia bisa menikahi Aaliyah.

Selama sisa kariernya, Aaliyah kerap menghindari pertanyaan tentang hubungannya dengan R Kelly. Selama hidupnya, Kelly berperan sebagai penulis dan produser album debut Aaliyah. Bahkan, R Kelly pun jarang berbicara tentang Aaliyah setelah Aaliyah meninggal dalam kecelakaan pesawat pada tahun 2001.

Dalam sebuah wawancara tahun 2016 dengan majalah GQ, dia menggambarkan hubungan mereka sebagai sahabat baik. Namun, ia menolak berkomentar tentang pernikahan dengan mengatakan bahwa pembahasan tersebut tak pernah diangkat pada siapapun.

"Saya tidak akan pernah melakukan percakapan itu dengan siapa pun. Untuk menghormati Aaliyah, dan ibu dan ayahnya yang meminta saya untuk tidak melakukannya secara pribadi," tuturnya.

1996: Digugat karena tekanan emosional

Tiffany Hawkins menggugat R. Kelly karena alami cedera dan tekanan emosional yang dideritanya selama tiga tahun berhubungan asmara. Dalam dokumen pengadilan, dia mengakui mulai berhubungan seks dengan R Kelly pada tahun 1991. Saat itu, Tiffany masih berusia 15 tahun dan Kelly berusia 24 tahun, sebelum hubungan tersebut berakhir tiga tahun kemudian.

Menurut Chicago Sun Times, Tiffany Hawkins meminta ganti rugi sebesar US$10 juta tetapi menerima sebagian kecil dari jumlah tersebut, yakni US$250.000 ketika kasusnya diselesaikan pada tahun 1998.

2001: Digugat oleh pekerja magang

Tracy Sampson menggugat R. Kelly dengan tuduhan pernah membujuknya melakukan hubungan seksual yang tidak senonoh ketika dia berusia 17 tahun.

Mantan pekerja magang di Epic Records itu mengatakan bahwa dirinya diperlakukan sebagai objek seks pribadinya. "Dia sering mencoba mengendalikan setiap aspek kehidupan saya, termasuk siapa yang akan saya lihat dan ke mana saya akan pergi," katanya.

April/Mei 2002: Dua kasus pengadilan

R Kelly digugat oleh Patrice Jones, seorang wanita Chicago yang mengklaim bahwa dia menghamilinya ketika dia masih di bawah umur dan bahwa dia dipaksa untuk melakukan aborsi.

Wanita lainnya bernama Montina Woods, juga menggugat Kelly. Ia menuduh bahwa Kelly merekam mereka berhubungan seks tanpa sepengetahuannya. Kemudian rekaman tersebut diduga diedarkan.

R Kelly menyelesaikan kedua kasus itu di luar pengadilan. Ia membayar dengan sejumlah uang yang tidak diungkapkan sebagai imbalan atas perjanjian.

Simak kelanjutannya di halaman berikut ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga langkah-langkah mencegah pelecehan seksual pada anak dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

SEJARAH TUDUHAN KEJAHATAN SEKSUAL R KELLY
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!