sign up SIGN UP search


trending

Pangeran Andrew Terjerat Kasus Kekerasan Seksual, Gelar Militernya Dicopot

Annisa A   |   Haibunda Jumat, 14 Jan 2022 18:19 WIB
Pangeran Andrew caption
Jakarta -

Pangeran Andrew, Duke of York dari Inggris resmi meninggalkan afiliasi militer dan perlindungan kerajaan. Pencopotan posisinya sebagai wakil Kerajaan Inggris merupakan buntut dari skandal kekerasan seksual yang menyeret namanya.

Keputusan itu tercantum dalam pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh Istana Buckingham pada Jumat (14/1/2022). Pernyataan itu juga diunggah lewat akun Twitter resmi @RoyalFamily.

"Atas persetujuan Ratu, afiliasi militer dan perlindungan kerajaan Duke of York telah dikembalikan kepada Ratu," tulis keterangan Istana Buckingham dalam cuitannya.


Pihak Istana Buckingham juga menyatakan bahwa anak ketiga dari Ratu Elizabeth II itu akan menjalani kehidupan sebagai warga negara biasa.

"Duke of York tetap tidak akan menjalankan tugas publik dan menjalani kasus ini sebagai seorang warga negara secara privat," lanjutnya.

Melansir dari BBC, semua peran Pangeran Andrew telah dikembalikan ke Ratu dengan segera, dan akan didistribusikan kembali ke anggota Keluarga Kerajaan lainnya. Masalah ini telah menjadi pembahasan luas di kalangan keluarga Kerajaan Inggris.

Banner Tanaman Hias dengan Hidroponik

Pangeran Andrew juga tidak akan lagi menggunakan gelar HRH atau Yang Mulia dalam kapasitas resmi. Seperti Harry dan Meghan, Pangeran Andrew akan tetap mempertahankan gelar tersebut, namun tidak akan menggunakannya.

Hal ini terjadi usai pria 61 tahun itu menghadapi tuduhan atas penyerangan seksual. Surat yang dirilis oleh kelompok penekan anti-monarki Republic dan ditandatangani oleh lebih dari 150 veteran Angkatan Laut, RAF, serta Angkatan Darat Kerajaan, meminta Ratu untuk melucuti Pangeran Andrew dari delapan gelar militer Inggrisnya.

"Apakah dia bersalah atau tidak, dia telah mencemarkan nama baik. Dia tidak cocok untuk melayani dalam pangkat kehormatan. Dia telah melepaskan hak itu dengan masuk ke situasi seperti ini," kata Lt Stuart Hunt, yang bertugas di Resimen Tank Kerajaan 1.

Pangeran Andrew telah berkarier selama lebih dari dua dekade di Angkatan Laut Kerajaan Inggris, dan pernah menjabat sebagai pilot helikopter selama Perang Falklands.

Atas peristiwa ini, ia kehilangan banyak gelar penting, termasuk Kolonel Pengawal Grenadier, resimen infanteri dengan tingkat paling senior di tentara Inggris.

Terkait skandal yang menyeret nama Pangeran Andrew, saat ini ia akan menjalani kasus tersebut sebagai warga negara biasa. Baca di halaman berikutnya, Bunda.

Saksikan juga video tentang fakta di balik wawancara Putri Diana yang menggegerkan Kerajaan Inggris:

[Gambas:Video Haibunda]

TERSERET SKANDAL PELECEHAN SEKSUAL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!