sign up SIGN UP search


trending

Bukan Hiatus, BTS akan Kerjakan Proyek Solo

ANNISAAFANI   |   Haibunda Kamis, 16 Jun 2022 05:00 WIB
BTS caption
Jakarta -

Belum lama ini, boy group asal Korea Selatan BTS merayakan hari jadinya pada Senin (13/6/2022) lalu, Bunda. Tak terasa, ternyata sudah sembilan tahun lamanya BTS berkarier di industri hiburan.

Di momen ini ketujuh anggota BTS hadir dalam konten yang dibagikan di YouTube. Dalam kesempatan tersebut ada banyak obrolan yang dibahas, salah satunya hal yang sempat membuat para penggemarkan, Army terkejut.

"Kami akan hiatus sekarang," kata Suga, diterjemahkan ke Bahasa Inggris.


Pernyataan Suga yang diubah dari Bahasa Korea itu nyatanya tak sesuai dengan makna sebenarnya, Bunda. Rapper tersebut bermaksud bahwa ia bersama grupnya akan fokus pada proyek masing-masing terlebih dahulu.

Mengutip dari USA Today, agensi yang menaungi BTS, yakni Hybe Entertainment, turut memberikan pernyataan. Katanya, BTS akan tetap utuh dan berjalan, hanya saja setiap anggota akan fokus dengan agenda masing-masing.

"BTS tidak hiatus. Anggota akan lebih fokus pada proyek solo saat ini," kata pernyataannya, dikutip pada Rabu (15/6/2022).

Banner Buah yang Bagus untuk JaninFoto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Bicara soal kesibukan masing-masing yang akan dilakukan oleh setiap anggota BTS, RM selaku leader sempat angkat suara. Ia mengatakan bahwa sejauh ini, RM merasa BTS tak lagi sama seperti dahulu yang bisa menyampaikan pesan pada penggemar melalui lagu.

Seolah-olah, mereka kehilangan identitas karena mengikuti perkembangan musik dunia. "Kami harus menerima bahwa kami telah berubah," kata RM.

"Bagi saya, grup BTS yang saya kenal sampai lagu On dan Dynamite, tetapi setelah Butter dan Permission to Dance, saya tidak tahu grup seperti apa kami," lanjutnya.

RM mengatakan bahwa dalam dunia K-pop, ada tekanan untuk memproduksi massal. Hal ini yang membuat mereka tak memberikan waktu bagi grup untuk berkembang.

Dia juga mengungkapkan rasa bersalah dan frustrasi karena berbicara untuk grup secara keseluruhan dalam berbagai kesempatan. Ia dikenal sebagai satu-satunya anggota dalam grup yang berbicara bahasa Inggris, padahal ia berharap agar publik mengenal dan mengetahui setiap individu yang ada dalam grupnya tersebut.

Anggota lainnya, Jimin, juga berbicara. Pria kelahiran 26 tahun silam di Busan, Korea Selatan ini juga setuju dengan rencana fokus dengan proyek solo. Ia bahkan berpikir bahwa saat ini merupakan masa-masa sulit bagi setiap anggota untuk menemukan jati diri.

"Menurut saya, sekarang kami mulai berpikir tentang artis seperti apa yang kami masing-masing ingin diingat oleh penggemar kami. Saya pikir itu sebabnya kami sedang melalui masa sulit sekarang, kami mencoba untuk menemukan diri kami. Identitas diri, itu adalah proses yang melelahkan dan panjang," tuturnya.

V lantas meyakinkan para penggemar bahwa ini bukan akhir dari BTS. Ia menjanjikan, saat waktu yang tepat, mereka akan kembali berkumpul dan energi yang diberikan akan lebih besar.

"Ketika kami berkumpul lagi sebagai sebuah kelompok, sinergi itu tidak akan ada duanya," katanya.

"Kami akan menjadi versi yang lebih baik dari kami," tambah JungKook.

"Terima kasih kepada penggemar yang telah menyemangati kami. Terima kasih kepada ARMY," sambung Jin.

Ini bukan pertama kalinya bagi BTS mengumumkan akan mengambil 'cuti', sebelumnya mereka menggunakan istilah break. Pada bulan Desember lalu, grup tersebut mengumumkan akan beristirahat untuk pertama kali sejak debut dan akan menghabiskan liburan bersama keluarga masing-masing.

"Periode istirahat ini akan memberi para anggota BTS, yang telah berkomitmen tanpa lelah pada aktivitas mereka, kesempatan untuk mendapatkan kembali inspirasi dan mengisi ulang dengan energi kreatif," kata tim manajemen dalam sebuah pernyataan saat itu.

"Ini juga akan menjadi pertama kalinya bagi mereka sejak debut untuk menghabiskan musim liburan bersama keluarga. Kami sekali lagi meminta Anda untuk mempertimbangkan kebutuhan mereka untuk menikmati kehidupan sehari-hari yang biasa dan bebas sambil hanya berkonsentrasi pada diri mereka sendiri, meskipun untuk sebentar, selama masa istirahat mereka. BTS akan fokus pada persiapan konser dan perilisan album baru yang akan menandai awal dari 'babak baru'."

Sebagai informasi tambahan, saat ini anggota grup BTS memang memiliki berbagai proyek yang akan datang dan kewajiban profesional untuk dilakukan dalam beberapa bulan mendatang.

J-Hope akan tampil di festival musik Lollapalooza pada bulan Agustus dan berencana untuk merilis lebih banyak musik, Suga mengungkapkan rencana untuk melakukan lebih banyak rilisan solo, V dijadwalkan untuk tampil di reality show, dan Jungjook akan merilis album solo.

Simak kelanjutannya di halaman berikut ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen. 

Simak juga pesan BTS untuk generasi muda dunia dalam sidang PBB ke-76 di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

BTS RILIS ALBUM BARU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!