sign up SIGN UP search

trending

Nasib Tragis Ryan Grantham: Dulu Terkenal Kini Dihukum Penjara Seumur Hidup

ANNISAAFANI   |   Haibunda Jumat, 23 Sep 2022 21:36 WIB
Police line tape. Crime scene investigation. Forensic science. caption
Jakarta -

Bunda tahu dengan mantan bintang cilik Ryan Grantham? Sejak beberapa waktu yang lalu, ia dijatuhi hukuman penjara seumur hidup karena melakukan tindakan kriminal.

Ryan Grantham dengan tega menembak mati sang ibunda pada tahun 2020 lalu , Bunda. Mahkamah Agung British Columbia di Vancouver menjatuhi hukuman tersebut padanya sejak Selasa (19/9/2022).

Dalam keputusan tersebut, aktor The Diary of a Wimpy Kid dan Riverdale ini dinyatakan tidak akan memenuhi untuk pembebasan bersyarat selama 14 tahun.


Mengutip dari EW, Ryan Grantham dinyatakan bersalah atas kasus pembunuhan tingkat dua. Dalam sidang yang berlangsung pada 31 Maret 2020, jaksa mengatakan bahwa ia menembak ibunya yang berusia 64 tahun, Barbara Waite. Tembakan tersebut dilakukan di bagian belakang kepala ketika korban sedang bermain piano.

Enggak hanya itu, pengadilan juga mengatakan bahwa Ryan Grantham berlatih untuk melakukan aksinya. Bahkan, ia juga merekam kejadian tersebut, mengakui perbuatan, dan menunjukkan jasad sang ibunda dalam video yang sama.

Menurut laporan lainnya, Ryan Grantham juga diduga berniat untuk membunuh Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau dan menulis rencana tersebut dalam buku hariannya.

Ia mengendarai mobil dengan membawa tiga senjata beramunisi, 12 bom molotov, dan perlengkapan berkemah. Ryan Grantham juga mempersiapkan Google map dengan petunjuk arah ke kediaman PM Kanada.

Ia kemudian berkendara sekitar 200 kilometer ke timur menuju kota Hope di British Columbia. Namun, pada akhirnya ia memutuskan putar balik dan menyerahkan diri ke polisi di Vancouver.

Kondisi psikologis

Menurut laporan CBC pada Juni lalu, laporan psikiatris mengindikasikan bahwa Ryan Grantham sedang mengalami periode depresi klinis yang intens hingga kesulitan dalam menangani kecemasan, kebencian diri, dan depresi.

Ryan Grantham juga mengaku sempat ingin bunuh diri atau melakukan kekerasan terhadap orang lain, beberapa bulan sebelum membunuh sang ibunya yang sedang berjuang melawan kanker.

Lalu pada sidang penetapan hukuman, hakim Kathleen Ker menganggap masalah kesehatan mental Ryan Grantham ini dapat meringankan vonis. Ditambah lagi, Ryan Grantah turut mendapatkan bantuan psikiatris selama berada di dalam jeruji.

Baca kelanjutannya di halaman berikut ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen. 

Simak juga curhatan para Bunda Indonesia di AS pasca penembakan massal dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

KATA SAUDARI RYAN GRANTHAM
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!