aktivitas

Ini Dia Tempat yang Bisa Disambangi Ketika di Pulau Jeju Bersama Keluarga

Amelia Sewaka 17 Okt 2017
Tempat yang Bisa Disambangi Ketika di Pulau Jeju Bersama Keluarga (Foto: Thinkstock) Tempat yang Bisa Disambangi Ketika di Pulau Jeju Bersama Keluarga (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Bunda sekeluarga lagi ingin merencanakan liburan akhir tahun bersama keluarga tercinta ke Korea Selatan? Hmm kalau ingin mencari suasana baru, Pulau Jeju bisa jadi pilihan tepat lho, Bun.

Pulau yang terletak di Selat Korea selatan, Provinsi Jeolla Selatan, ini berisi situs warisan alam internasional Pulau Vulkanik Jeju dan Tabung Lava, jadi banyak banget hutan-hutan yang bikin kita sekeluarga betah. Hutannya memang ditujukan untuk rekreasi keluarga.

Masih banyak lagi tempat yang bisa kita jelajahi di Pulau Jeju, berikut tempat yang bisa Bunda datangi bersama keluarga yang HaiBunda rangkum dari berbagai sumber.

Baca juga: Destinasi Oke Saat Liburan ke Belanda Bareng si Kecil

1. Jeolmul Natural Recreation Forest
Ini Dia Tempat yang Bisa Disambangi Ketika di Pulau Jeju Bersama KeluargaJeolmul Natural Recreation Forest (Foto: Instagram/photobydh)
Lebih dari 90 persen pepohonan di hutan ini adalah pohon aras berusia 40 tahun atau lebih lho, Bun. Dalam cuaca cerah, hutan ini dipenuhi dengan cahaya menghijau sehingga buat kita yang benar-benar ingin quality time bareng keluarga dapet banget suasananya. Di tengah hutan disiram cahaya matahari dan kita bisa mendengar berbagai cuitan burung. Indah banget ya, Bun.

Jika hujan, hutan ini memberikan suasana yang lebih berbeda. Bukan suram, tapi lebih seperti ketenangan alami yang dihasilkan oleh hutan yang bikin kita makin mengenang perjalanan sekeluarga di tengah hutan ini.

Pasti Bunda berpikir repot ya bawa anak atau bayi ke hutan? Tenang, jalanannya cukup mulus dan rata kok jadi, mudah banget untuk kita yang bawa stroller bayi.

Di jalan setapak yang kita lewati, tercium aroma alami hujan saat meresap ke tanah. Segar banget. Di sini Bunda sekeluarga nggak akan pernah bosan walaupun berlama-lama. Soalnya di sana ada sejumlah hal yang bisa dilakukan dan dilihat, termasuk pusat rekreasi budaya hutan, kolam, area berumput terbuka, jalur akupresur, perlengkapan olahraga, dan banyak lagi.

Hutan yang berlokasi di 584 Myeonglim-ro, Jeju City ini, buka dari jam 9 pagi hingga pukul 6 sore. Biaya masuknya 1.000 won untuk orang dewasa atau Rp 11 ribu-an, anak-anak 600 won atau Rp 7 ribu-an, dan bayi 300 won atau Rp 3 ribu-an.

2. Jeju Cocomong Ecopark
Jeju Cocomong EcoparkJeju Cocomong Ecopark (Foto: Facebook/Jeju Cocomong Ecopark)
Bergeser sedikit ke tengah keramaian, tempat ini cocok banget buat buah hati kita. Jeju Cocomong Eco Park adalah taman hiburan yang berbasis pada kartun Korea Cocomong. Cocomong adalah sosis monyet yang melindungi lahan kulkas dari raja virus jahat.

Banyak hal dan fasilitas yang mengesankan di taman ini lho, Bun. Area yang mencapai sekitar 33.058 meter persegi ini mampu menampung anak dan orang muda yang aktif karena di dalamnya terdapat gym hutan, roda hamster, dan kolam renang.

Ada area tema Eco-village bersama Fun and Play, juga konstruksi terowongan rekaman aneh yang disebut the Wrapping House. Tempat itu terbuat dari 4.000 gulungan kaset. Selain berlari di roda hamster, kita juga bisa menjajal kegiatan di air menggunakan perahu. Bisa juga menjajal pengalaman berjalan dalam bola air yang sangat menyenangkan.

Sementara anak bermain sana-sini, para orang tua bisa santai dengan kursi nyaman yang besar dan dilengkapi bantal besar. Luangkan waktu untuk diri sendiri karena setiap wahana atau atraksi memiliki anggota staf yang mengawasi. Jangan lupa nikmati alam dan konstruksi ramah lingkungan.

Setelah banyak melakukan kegiatan pasti lapar dong. Nah, Bunda sekeluarga bisa ke Restoran Eco-kitchen yang memiliki pemandangan laut Namwon yang fantastis.

Cocomong Ecopark adalah tempat yang tepat untuk anak-anak di Pulau Jeju. Taman yang berlokasi 2381, Namwon-ri, Namwon-eup, Seogwipo City, buka dari jam 10 pagi hingga 6 sore namun kalau lagi musim liburan bisa hingga jam 7 malam. Tiket masuknya sebesar 15 ribu won atau Rp 179 ribu.

3. Jeju Teseum
Teseum JejuTeseum Jeju. (Foto: Web/visitkorea)
Teseum Safari atau Jeju Teseum adalah museum boneka beruang yang terletak di daerah Aewol-eup di Pulau Jeju. Ini adalah salah satu museum pertama di dunia yang memamerkan segala jenis boneka beruang dan boneka yang dijahit, termasuk yang berbentuk seperti binatang liar, binatang laut, bunga, burung, dan banyak lagi.

Museum ini tersebar di dua lantai besar dan menampilkan beruang teddy yang diatur dalam pose manis. Ada juga boneka yang seukuran manusia dewasa, lho. Bintang utama dari museum ini nggak hanya beruang, ada harimau, gajah, hiu, lumba-lumba dan bahkan boneka beruang berdasarkan karakter dari mitologi Yunani.

Kita bisa berfoto dengan beruang teddy dan tempat wisata terkenal seperti 'Psyche World' yang berada di dekatnya juga, Bun.

Teseum pertama kali dibuka di Pulau Jeju pada tahun 2008. Lebih dari satu juta pengunjung domestik dan asing setiap tahunnya mampir ke sini sehingga menjadikan tempat ini sebagai salah satu dari 10 besar tempat wisata paling banyak dikunjungi di Pulau Jeju. Dijamin, si kecil bahkan kita pun nggak mau pulang dari tempat ini, Bun. He-he-he

Museum ini beroperasi dari jam setengah 9 pagi hingga jam 7 malam jika musim dingin, dan setengah 9 pagi hingga jam 8 malam ketika musim panas. Tiket masuknya, untuk dewasa dibanderol 10.500 won atau Rp 125 ribu, untuk remaja 9.000 won atau RP 107 ribu, dan untuk anak-anak 8.000 won atau Rp 95 ribu.

Baca juga: Destinasi Favorit Saat Liburan ke Korea Selatan Bareng Anak

4. Hanwha Aqua Planet Jeju
Hanwha Aqua Planet JejuHanwha Aqua Planet Jeju. (Foto: Web/visitkorea)
Aqua Planet Jeju menawarkan fasilitas akuarium terbesar di antara negara-negara Asia Timur. Lebih dari 48.000 makhluk laut yang mewakili lebih dari 500 spesies berbeda dikombinasikan dengan pertunjukan live yang mengesankan.

Makhluk laut di sini nggak hanya dari domestik aja, Bun, tapi juga dari luar negeri. Museum ini menawarkan banyak fitur termasuk akuariumnya sebagai daya tarik tersendiri, lalu kita bisa belajar di Marine Science, Kiz Planet, dan masih banyak lagi yang bisa kita jelajahi di sini.

Di sini anak-anak dapat menyentuh hewan laut secara nyata. Anak-anak juga bisa ikut serta dalam banyak kelas sains dan sejarah yang ada.

Aqua Planet yang dikelola oleh kelompok Hanhwa Hotels and Resorts, memiliki beberapa cabang yang tersebar di seluruh Korea. Namun, ada satu program tertentu yang hanya bisa ditemukan di cabang Jeju yakni 'Haenyeo's Achim' atau 'wanita penyelam pagi'.

Dalam program ini, pengunjung bisa menyaksikan bagaimana Jeju haenyeo (penyelam wanita) menangkap berbagai kerang, rumput laut dan lebih banyak barang di bawah air.

Museum ini beroperasi dari jam 10 pagi hingga 7 malam. Tiket masuk untuk orang dewasa sekitar 39.800 won atau Rp 475 ribu, untuk remaja 32.400 won atau Rp 387 ribu, anak-anak 36.100 won atau Rp 431 ribu. Sementara untuk bayi di bawah 3 tahun gratis.

5. Hyeopjae Beach
Hyopjae BeachHyopjae Beach (Foto: Web/visitkorea)
Kurang mantap rasanya jika ke pulau tapi belum ke pantai. Nah, Pantai Hyopjae ini bisa banget dicoba bareng keluarga, Bun.

Pantai yang mempunyai panjang 9 kilometer dan lebar 20 meter mempunyai pasir putih yang indah. Warna biru air begitu menyolok, kontras dengan pasir. Selain itu juga ada jajaran pohon pinus yang menghijau di sepanjang pantai.

Airnya dangkal, membuat pantai ini sangat populer di kalangan keluarga. Sementara itu, di sepanjang pantai kita akan menemukan banyak fasilitas seperti shower, ruang ganti, restoran, bahkan pondok-pondok dan tempat berkemah jika Bunda sekeluarga ingin menginap.

Taman Hallim yang berada tidak jauh dari pantai ini juga bisa kita sambangi, Bun. Taman ini nggak kalah menarik karena ada arboretum subtropis, Gua Hyeopjaegul, dan Gua Ssangyonggul.

Di barat daya pantai Hyopjae menghubungkan ke pantai lain yang disebut Pantai Geumreung. Dari pantai manapun di Pulau Jejudo, kita dapat selalu melihat Gunung Hallasan. Ini adalah tempat yang bagus untuk liburan keluarga yang santai.

Pantai ini beroperasi dari jam 9 pagi hingga 10 malam. Yang lebih menyenangkan, masuk pantai ini gratis, Bun.

Baca juga: Ini Alasannya Jepang Bisa Jadi Tujuan Liburan Oke Bareng Bayi

Nah, kalau mau liburan ke luar negeri, jangan lupa bawa travel card ya, Bun. Misalnya saja Mega Travel Card, kartu kredit khusus untuk traveler yang gemar berpetualang. Dengan Mega Travel Card, banyak fasilitas yang bisa didapat lho. Misalnya saja nih, bisa dapat diskon hotel. Jika menginap di hotel yang memiliki kerjasama dengan kartu Bank Mega, traveler akan mendapatkan diskon 50 persen pada saat weekday dan 25 persen saat weekend.

Jangan lewatkan juga Mega Travel Fair karena ada banyak promo ke berbagai negara termasuk ke Amerika Serikat. Jadwal lengkap Mega Travel Fair bisa dicek di sini (aml/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi