sign up SIGN UP search


Ilustrasi bayi atau anak sakit ISPA

Bundapedia

Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)

  |   Haibunda

Infeksi saluran pernapasan adalah salah satu jenis penyakit yang cukup mudah ditemukan pada banyak orang. Infeksi ini juga biasanya mudah ditularkan karena umumnya disebabkan oleh virus dan bakteri.

Apa itu Infeksi Saluran Pernapasan Akut?

Infeksi Saluran Pernapasan Akut atau ISPA adalah infeksi yang dapat mengganggu pernapasan normal. Infeksi ini dapat memengaruhi berbagai bagian dari sistem pernapasan, baik hanya sistem pernapasan bagian atas saja yang dimulai pada sinus dan berakhir pada pita suara seseorang, atau hanya sistem pernapasan bagian bawah saja, yang dimulai pada pita suara dan berakhir di paru-paru orang tersebut.

Menurut Medical News Today, infeksi saluran pernapasan atas memengaruhi saluran hidung dan tenggorokan. Perawatannya biasanya sederhana kecuali seseorang juga memiliki kondisi pernapasan kronis, seperti asma.


Sementara itu, infeksi saluran pernapasan bawah adalah infeksi di paru-paru atau di bawah kotak suara. Ini termasuk pneumonia, bronkitis, dan tuberkulosis. Infeksi saluran pernapasan bagian bawah dapat memengaruhi saluran udara, seperti bronkitis, atau kantung udara di ujung saluran udara, seperti pada kasus pneumonia.

Infeksi Saluran Pernapasan Akut ini sangat berbahaya bagi anak-anak, orang dewasa yang lebih tua, dan orang-orang yang memiliki gangguan sistem kekebalan tubuh.

Apa saja gejala Infeksi Saluran Pernapasan Akut?

Seperti dilansir dari Healthline, gejala yang bisa dialami oleh setiap penderita akan berbeda tergantung pada jenisnya, apakah itu infeksi saluran pernapasan bawah atau infeksi saluran pernapasan atas. Gejala-gejalanya bisa meliputi:

  • Penyumbatan napas, baik di bagian sinus hidung atau paru-paru
  • Pilek
  • Batuk
  • Sakit tenggorokan
  • Pegal-pegal
  • Kelelahan

Hubungi dokter Bunda jika Bunda mengalami hal berikut:

  • Demam dengan suhu lebih dari 39 derajat Celsius dan merasa kedinginan
  • Sulit untuk bernapas
  • Pusing
  • Penurunan kesadaran

Apa saja penyebab Infeksi Saluran Pernapasan Akut?

Ada beberapa penyebab berbeda dari Infeksi Saluran Pernapasan Akut yang kembali lagi tergantung pada jenisnya.

Penyebab infeksi saluran pernapasan atas umumnya adalah:

  • Faringitis akut
  • Infeksi telinga akut
  • Flu biasa

Penyebab infeksi saluran pernapasan bawah umumnya adalah:

  • Bronkitis
  • Radang paru-paru
  • Bronkiolitis

Siapa saja yang memiliki risiko terkena Infeksi Saluran Pernapasan Akut?

Hampir tidak mungkin untuk menghindari virus dan bakteri, tetapi faktor risiko tertentu meningkatkan peluang seseorang terkena Infeksi Saluran Pernapasan Akut. Berikut adalah beberapa contohnya.

Sistem kekebalan anak-anak dan orang dewasa yang lebih tua lebih rentan terkena virus.

Anak-anak sangat berisiko karena kontak terus-menerus dengan anak-anak lain yang bisa menjadi pembawa virus. Anak-anak sering tidak mencuci tangan secara teratur. Mereka juga lebih cenderung menggosok mata dan memasukkan jari ke mulut, yang mengakibatkan penyebaran virus.

Orang dengan penyakit jantung atau masalah paru -paru lainnya lebih mungkin untuk tertular Infeksi Saluran Pernapasan Akut. Siapa pun yang sistem kekebalannya mungkin melemah oleh penyakit lain akan berisiko tertular. Perokok juga berisiko tinggi dan lebih sulit pulih.

Runny nose. Sick little girl blowing her nose and covering it with handkerchiefIlustrasi Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)/ Foto: Getty Images/iStockphoto/jittawit.21

Bagaimana Infeksi Saluran Pernapasan Akut didiagnosis?

Dalam pemeriksaan pernapasan, dokter berfokus pada pernapasan. Mereka akan memeriksa cairan dan peradangan di paru-paru dengan mendengarkan suara abnormal di paru-paru saat Bunda bernapas. Dokter mungkin mengintip hidung dan telinga Bunda, dan memeriksa tenggorokan Bunda.

Jika dokter Bunda yakin infeksi ada di saluran pernapasan bagian bawah, X-ray atau CT scan mungkin diperlukan untuk memeriksa kondisi paru-paru.

Tes fungsi paru-paru juga sangat berguna sebagai alat diagnostik. Oksimetri nadi, juga dikenal sebagai pulse ox, dapat memeriksa berapa banyak oksigen yang masuk ke paru-paru. Dokter mungkin juga mengambil swab dari hidung atau mulut Bunda, atau meminta Bunda untuk mengeluarkan sampel dahak (bahan batuk dari paru-paru) untuk memeriksa jenis virus atau bakteri penyebab penyakit.

Bagaimana pengobatan Infeksi Saluran Pernapasan Akut?

Dengan banyak virus, tidak ada pengobatan yang diketahui. Dokter Bunda mungkin meresepkan obat untuk mengelola gejala Bunda sambil memantau kondisi Bunda. Jika dokter Anda mencurigai adanya infeksi bakteri, mereka mungkin akan meresepkan antibiotik.

Apa potensi komplikasi dari Infeksi Saluran Pernapasan Akut?

Komplikasi Infeksi Saluran Pernapasan Akut sangat serius dan dapat mengakibatkan kerusakan permanen dan bahkan kematian. Mereka termasuk:

  • Henti napas, yang terjadi ketika paru-paru berhenti berfungsi
  • Kegagalan pernapasan, peningkatan CO2 dalam darah yang disebabkan oleh paru-paru tidak berfungsi dengan benar
  • Gagal jantung kongestif

Mencegah Infeksi Saluran Pernapasan Akut

Sebagian besar penyebab Infeksi Saluran Pernapasan Akut tidak dapat diobati. Oleh karena itu, pencegahan adalah cara terbaik untuk menangkal infeksi pernapasan yang berbahaya.

Mendapatkan vaksin MMR (campak, gondok, dan rubella) dan pertusis secara substansial akan menurunkan risiko terkena infeksi pernapasan. Bunda juga dapat memperoleh manfaat dari vaksinasi influenza dan pneumovax. Bicaralah dengan dokter Bunda tentang mendapatkan vaksinasi ini.

Selain itu dukung juga kesehatan Bunda dan keluarga dengan mempraktikkan perilaku bersih dan higienis yang baik dan juga konsisten:

  • Sering-seringlah mencuci tangan, terutama setelah Bunda berada di tempat umum.
  • Selalu bersin ke lengan baju atau tisu dan segera membuang tisu bekas. Meskipun ini mungkin tidak meringankan gejala Bunda sendiri, tapi hal itu akan mencegah Bunda menyebarkan penyakit menular kepada keluarga dan masyarakat di sekitar Bunda.
  • Hindari menyentuh wajah Bunda, terutama mata dan mulut Bunda, untuk mencegah masuknya kuman ke dalam sistem tubuh Bunda.
  • Jika Bunda merokok, maka ini saat yang tepat untuk berhenti. Bunda juga harus menghindari asap rokok dan pastikan Bunda memasukkan banyak vitamin dalam makanan Bunda, seperti vitamin C, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Bunda. Vitamin C dipertahankan dalam sel-sel kekebalan, dan kekurangan vitamin C telah dikaitkan dengan kerentanan yang lebih tinggi terhadap infeksi. 

Sementara penelitian tidak jelas apakah Vitamin C dapat mencegah Infeksi Saluran Pernapasan Akut secara spesifik atau tidak, namun ada bukti bahwa vitamin C dapat mempersingkat jangka waktu dan atau tingkat keparahan beberapa infeksi yang terjadi dalam tubuh.

Selain itu, dukung juga kesehatan Bunda dengan rajin olah raga, berusaha mengatur asupan makanan dan minuman yang bergizi dan tinggi nutrisi.

Demikian berbagai informasi mengenai Infeksi Saluran Napas Akut, semoga bermanfaat bagi Bunda dan keluarga.

[Gambas:Video Haibunda]



 

 

Share yuk, Bun!
Tahukah Bunda
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!