sign up SIGN UP search
Sporty doula doing breathing exercises with a caucasian pregnant woman while sitting on a yoga mat in the living room

Bundapedia

Doula

  |   Haibunda

Kehamilan memang tidak mudah dan merupakan tantangan yang cukup berat bagi sebagian besar Bunda. Terlebih jika kehamilan ini adalah pengalaman kehamilan pertama Bunda. Mungkin, Bunda akan menjadi seseorang yang membutuhkan bantuan dari seorang doula.

Baik istilah maupun profesi seorang Doula adalah hal yang terbilang baru di Indonesia. Adanya doula menjadi banyak perbincangan akhir-akhir ini terutama sejak adanya selebriti yang menggunakan jasa Doula selama proses persalinannya di luar negeri.

Meskipun terbilang hal baru, Doula bisa menjadi salah satu jawaban atas kekhawatiran Bunda terhadap proses dan pengalaman kehamilan pertama Bunda. Seperti bagaimana prosesnya, atau persiapan apa saja yang perlu dilakukan.


Tapi, Bunda harus tahu bahwa doula tidak sama dengan bidan, perawat, atau bahkan dokter. Jadi, sebenarnya apa itu doula? Apa perbedaan doula dengan bidan, perawat, atau pun dokter?

Apa itu doula?

Doula adalah seorang tenaga profesional yang mendukung Bunda selama kehamilan, melahirkan, dan menyusui. Doula biasanya bukan seorang profesional di bidang kesehatan, tetapi mereka memiliki pengalaman atau pelatihan khusus dalam memberikan dukungan emosional, fisik, dan informasi kepada ibu hamil, selama kehamilan, proses melahirkan, dan periode menyusui.

Mereka sering bekerja sama dengan dokter, bidan, dan perawat untuk membantu meningkatkan pengalaman ibu hamil, membantu kesiapan mental saat akan melahirkan, dan proses menyusui. Tugasnya adalah untuk memberikan dukungan emosional dan fisik kepada Bunda selama proses kehamilan, persalinan, dan menyusui. 

Doula juga bertugas untuk membantu menjawab berbagai pertanyaan Bunda dan memberikan informasi tentang proses kehamilan, persalinan, dan menyusui.

Di samping itu, doula juga bertugas untuk mendengarkan kebutuhan dan keinginan Bunda. Serta membantu Bunda untuk membuat keputusan yang tepat untuk kehamilan, persalinan, dan menyusui yang dijalankan oleh Bunda. 

Menurut sebuah studi, ibu yang bekerja sama dengan doula selama kehamilan, persalinan, dan menyusui memiliki tingkat stres yang lebih rendah, tingkat kepuasan yang lebih tinggi terhadap pengalaman kehamilan, persalinan, dan menyusui, dan tingkat kemungkinan untuk mengalami perawatan medis yang lebih rendah.

Doula juga dapat membantu Bunda untuk mempersiapkan diri untuk kehamilan, persalinan, dan menyusui dengan memberikan informasi tentang pilihan yang tersedia untuk kehamilan, persalinan, dan menyusui. 

Jenis-jenis doula

Doula adalah sebuah profesi yang memberikan dukungan emosional dan fisik kepada Bunda selama kehamilan, persalinan, dan pada masa nifas. Ada beberapa jenis doula yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing Bunda. 

Dikutip dari Healthline dan berbagai sumber lainnya, berikut adalah beberapa jenis doula:

Doula persalinan

Doula persalinan bertugas memberikan dukungan emosional dan fisik kepada Bunda selama persalinan. Mereka dapat membantu Bunda mengelola nyeri, memberikan teknik relaksasi, dan membantu Bunda agar dapat mengerti pilihan yang tersedia selama persalinan. Doula persalinan dapat bekerja di rumah atau pun di rumah sakit.

Doula selama masa nifas

Doula yang bekerja selama masa nifas bertugas memberikan dukungan emosional dan fisik kepada Bunda selama masa nifas. Mereka dapat membantu Bunda mengelola perubahan yang terjadi setelah melahirkan, memberikan dukungan dalam menyusui, dan membantu Bunda mengelola kewajiban rumah tangga. 

Doula yang bekerja selama masa nifas biasanya bekerja di rumah.

Doula kehamilan

Doula kehamilan bertugas memberikan dukungan dan bantuan kepada Bunda selama kehamilan. Mereka dapat membantu Bunda mengelola perubahan yang terjadi selama kehamilan, memberikan dukungan dalam mempersiapkan persalinan, dan membantu Bunda mengelola kewajiban rumah tangga lainnya. 

Doula persalinan dan masa nifas

Doula persalinan dan masa nifas merupakan gabungan dari doula persalinan dan doula masa nifas. Mereka bertugas memberikan dukungan emosional dan fisik kepada Bunda selama kehamilan, persalinan, dan selama masa nifas. 

Memilih jenis doula yang tepat tergantung pada kebutuhan dan preferensi masing-masing. Bunda dapat menyesuaikan jenis doula dengan kebutuhan dan kondisi yang Bunda alami.

Perbedaan doula dengan bidan dan perawat

Doula, bidan, dan perawat merupakan profesi yang berbeda dalam bidang kebidanan dan merawat ibu dan bayi. Namun, ada beberapa perbedaan utama antara ketiganya.

Pendidikan dan pelatihan

Doula biasanya tidak memiliki latar belakang medis atau keperawatan formal, namun mereka biasanya telah mengikuti pelatihan khusus untuk memberikan dukungan emosional dan fisik selama persalinan. 

Sementara itu, bidan adalah profesi yang memiliki izin untuk memberikan perawatan kebidanan, termasuk menyusui, kehamilan, persalinan, dan masa nifas. 

Sedangkan perawat adalah tenaga profesional yang dapat memberikan perawatan medis, termasuk menangani masalah kesehatan yang mungkin terjadi selama kehamilan, persalinan, dan masa nifas.

Peran

Doula bertugas sebagai pelindung kepentingan Bunda dan Si Kecil selama persalinan, serta memberikan dukungan emosional dan fisik kepada Bunda. Doula tidak bisa melakukan tindakan medis, namun mereka dapat membantu Bunda mengerti pilihan yang tersedia dan memfasilitasi komunikasi dengan tim medis.

Sedangkan bidan bertanggung jawab atas pengawasan kehamilan, persalinan, dan masa nifas, serta memberikan perawatan kebidanan yang diperlukan. 

Perawat di sisi lain memiliki tugas untuk menangani masalah kesehatan yang mungkin terjadi selama kehamilan, persalinan, dan masa nifas, serta memberikan perawatan medis yang diperlukan.

Lokasi layanan

Doula biasanya memberikan dukungan di rumah atau di rumah sakit, sesuai dengan kebutuhan Bunda. Berbeda dengan doula, bidan biasanya memberikan layanan di rumah sakit atau di fasilitas kebidanan lainnya, sementara perawat biasanya memberikan layanan di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya.

Meskipun ada perbedaan utama antara doula, bidan, dan perawat, ketiganya dapat bekerja sama dalam memberikan dukungan kepada Bunda selama kehamilan, persalinan, dan masa nifas. 

Tips memilih doula

Memilih doula untuk dukungan selama kehamilan dan persalinan adalah keputusan penting yang harus Bunda buat. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Bunda dalam memilih doula yang tepat untuk kebutuhan Bunda.

Cari tahu tentang doula-doula yang berbeda

Berdiskusi dengan teman-teman dan petugas kesehatan untuk mengetahui tentang jenis-jenis doula yang tersedia. Jangan lupa untuk bertanya tentang serba-serbi doula yang perlu Bunda ketahui.

Pilih doula yang cocok

Penting untuk memilih berdasarkan kecocokan, karena Bunda akan banyak berkomunikasi dengannya. Jadi, pastikan untuk menanyakan apakah mereka memiliki spesialisasi atau pengalaman tertentu seperti doula untuk ibu hamil, atau ibu bersalin kedua, dan seterusnya.

Berdiskusi dengan doula yang Bunda pertimbangkan

Jika Bunda baru saja menikah atau memiliki anak, pastikan untuk menanyakan bagaimana doula berpengalaman dalam mendukung pasangan baru dan keluarga yang baru terbentuk.

Tanyakan tentang biaya yang terkait dengan layanan doula

Pastinya, jangan luput tentang masalah terkait biaya. Bunda pasti memiliki budget sendiri yang harus dikeluarkan untuk mempekerjakan doula. Jadi, jangan lupa untuk menyesuaikan biayanya ya.

Dengan mengikuti berbagai tip di atas, Bunda bisa makin mudah memilih doula yang tepat untuk kebutuhan Bunda baik selama kehamilan, persalinan maupun ketika masa nifas. Jangan ragu untuk bertanya kepada doula yang Bunda pertimbangkan tentang pengalaman mereka dan kondisi yang Bunda alami. 

 Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Share yuk, Bun!
Tahukah Bunda
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!