sign up SIGN UP search
Ilustrasi melahirkan

Bundapedia

Hypnobirthing

  |   Haibunda

Bagi sebagian calon ibu, persalinan menjadi saat-saat yang paling ditunggu namun juga sekaligus hal yang ditakutkan. Hypnobirthing adalah salah satu cara agar Bunda tidak merasa takut menghadapi persalinan.

Rasa sakit yang luar biasa dalam proses persalinan membuat banyak calon ibu memilih untuk mencoba menerapkan metode hypnobirthing. Selain dipercaya dapat mengurangi rasa sakit, metode ini juga disebut-sebut dapat mengurangi rasa cemas, tegang, hingga takut saat melahirkan.

Sebenarnya apa itu hypnobirthing? Bagaimana cara dan prosedurnya?


Pengertian hypnobirthing

Hypnobirthing adalah sebuah teknik yang digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan stres selama kehamilan dan persalinan. Teknik ini menggunakan hipnotis dan teknik relaksasi untuk membantu Bunda mengalami persalinan yang lebih mudah dan nyaman.

Hypnobirthing sendiri berasal dari kata "hypnosis" yang berarti hipnotis dan "birthing" yang berarti persalinan. Jadi, hypnobirthing adalah teknik yang menggabungkan hipnotis dan teknik relaksasi untuk membantu Bunda mengalami persalinan yang lebih nyaman.

Istilah ini pertama kali muncul dalam buku HypnoBirthing: A Celebration o Life oleh Marie Mongan, seorang hypnotherapist, pada tahun 1989. Idenya terpengaruh dari ide ‘kelahiran alami’ oleh Dr. Jonathan Dye dan Dr. Grantly Dick-Read.

Teknik ini berfokus pada pengendalian mental dan emosional selama persalinan. Calon ibu yang menggunakan metode hypnobirthing diharapkan dapat menjalani proses persalinan yang lebih mudah dan nyaman dengan mengendalikan reaksi terhadap rasa sakit dan stres yang biasanya terjadi selama proses persalinan.

Hypnobirthing juga menekankan pentingnya menjaga kondisi fisik dan mental yang sehat selama kehamilan. Bunda yang menggunakan hypnobirthing diharapkan dapat memahami dan mengontrol reaksi tubuhnya selama persalinan, sehingga dapat membantu mengurangi rasa sakit dan stres.

Teknik hypnobirthing biasanya dilakukan melalui sesi hipnotis yang dilakukan oleh seorang terapis hipnotis atau dengan menggunakan CD atau MP3 hipnotis yang tersedia secara online. Bunda juga dapat belajar teknik hypnobirthing dengan mengikuti kelas hypnobirthing yang tersedia di berbagai fasilitas kesehatan seperti rumah sakit.

Dalam kelas hypnobirthing, Bunda akan belajar tentang cara mengendalikan reaksi tubuh dan pikiran selama persalinan, serta cara menggunakan teknik relaksasi untuk mengurangi rasa sakit dan stres. 

Bunda juga akan belajar cara menggunakan bahasa tubuh dan kata-kata yang positif untuk membantu mengalami persalinan yang lebih nyaman dan tenang.

Ilustrasi MelahirkanIlustrasi Hypnobirthing/ Foto: Getty Images/iStockphoto

Kelebihan hypnobirthing

Hypnobirthing memiliki beberapa kelebihan yang dapat memberikan manfaat baik bagi Bunda maupun bagi bayi, di antaranya adalah:

Mengurangi rasa sakit dan stres selama persalinan

Teknik persalinan menggunakan hypnobirthing membantu Bunda mengendalikan reaksi terhadap rasa sakit dan stres selama proses persalinan. Ini dapat membantu mengurangi kebutuhan akan obat-obatan selama persalinan.

Mempercepat proses persalinan

Hypnobirthing dapat membantu mempercepat proses persalinan dengan mengendalikan reaksi terhadap rasa sakit dan stres yang biasanya terjadi selama proses persalinan.

Menyediakan lingkungan yang lebih tenang dan nyaman selama persalinan

Teknik hypnobirthing menekankan pentingnya menjaga kondisi fisik dan mental yang sehat selama kehamilan, sehingga Bunda dapat merasa lebih nyaman dan tenang selama persalinan.

Menurunkan risiko cedera pada ibu dan bayi selama persalinan

Hypnobirthing dapat membantu mengurangi risiko cedera pada ibu dan bayi selama persalinan dengan mengendalikan reaksi terhadap rasa sakit dan stres yang biasanya terjadi selama proses persalinan.

Menciptakan hubungan yang lebih dekat antara ibu dan bayi

Hypnobirthing memfokuskan pada pengendalian mental dan emosional selama persalinan, sehingga Bunda dapat merasa lebih terkoneksi dengan bayinya selama proses persalinan.

Membantu Bunda merasa lebih terlibat dalam proses persalinan

Hypnobirthing memfokuskan pada pengendalian mental dan emosional selama persalinan, sehingga Bunda dapat merasa lebih terlibat dalam proses persalinan dan memiliki kontrol atas tubuhnya.

Menciptakan pengalaman persalinan yang lebih positif

Teknik hypnobirthing membantu Bunda mengalami persalinan yang lebih nyaman dan mudah, sehingga dapat menciptakan pengalaman persalinan yang lebih positif bagi Bunda.

Metode yang digunakan

Dilansir dari Healthline, dalam hypnobirthing, terdapat beberapa metode yang biasa digunakan, di antaranya adalah:

Teknik pernapasan

Teknik pernapasan merupakan salah satu metode penting dalam hypnobirthing. Bunda akan belajar cara bernapas dengan cara yang tepat selama persalinan untuk membantu mengurangi rasa sakit dan stres.

Visualisasi

Visualisasi merupakan metode yang memfokuskan pada pengendalian pikiran dan emosi selama persalinan. Bunda akan belajar cara menggunakan imajinasi dan pikiran untuk membantu mengalami persalinan yang lebih nyaman.

Bahasa tubuh dan kata-kata yang positif

Dalam hypnobirthing, Bunda akan belajar cara menggunakan bahasa tubuh dan kata-kata yang positif untuk membantu mengalami persalinan yang lebih nyaman. 

Beberapa kata sugesti yang bisa diucapkan antara lain adalah “saya ingin bayi saya lahir dengan sehat”, “semua ini akan berjalan dengan lebih mudah”, atau “anak ini akan menjadi orang sukses di masa depan.”

Dengan teknik ini, Bunda akan menjadi:

  • Sepenuhnya sadar apa yang terjadi,
  • Menjadi lebih rileks menghadapi persalinan,
  • Mampu mengelola rasa sakit dan stres.

Teknik relaksasi

Teknik relaksasi merupakan metode penting lain dalam hypnobirthing. Bunda akan belajar cara mengendalikan reaksi terhadap rasa sakit dan stres dengan cara relaksasi. Dengan begitu, proses persalinan akan lebih mudah dilalui.

Teknik pengurangan rasa sakit

Teknik pengurangan rasa sakit merupakan metode yang membantu Bunda mengendalikan reaksi terhadap rasa sakit selama persalinan. Bunda akan belajar cara menggunakan teknik relaksasi dan pernapasan untuk mengurangi rasa sakit selama persalinan.

Bunda bisa mengikuti berbagai kelas atau kursus hypnobirthing ketika umur kandungan 32 minggu. Di dalam kursus atau kelas itu, Bunda akan mencoba berbagai teknik di atas.

Tapi, hypnobirthing tidak selalu berhasil

Hypnobirthing tidak dapat memberikan jaminan 100 persen bahwa Bunda akan merasakan persalinan yang lebih mudah dan nyaman. Setiap orang memiliki respon yang berbeda terhadap teknik hypnobirthing, sehingga hasil yang diperoleh mungkin berbeda-beda.

Meskipun demikian, hypnobirthing dapat membantu Bunda mengalami persalinan yang lebih nyaman dan mengurangi ketergantungan akan obat-obatan selama persalinan. Teknik ini juga dapat membantu menurunkan risiko cedera pada ibu dan bayi selama persalinan.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal dari hypnobirthing, Bunda disarankan untuk memulai latihan hypnobirthing sejak awal kehamilan dan terus meneruskannya hingga saat persalinan. 

Bunda juga disarankan untuk mencari terapis atau instruktur hypnobirthing yang terlatih dan berpengalaman untuk membantu mengikuti teknik hypnobirthing dengan benar.

Itulah pengertian dari hypnobirthing dan berbagai manfaatnya. Semoga bermanfaat.

[Gambas:Video Haibunda]



Share yuk, Bun!
Tahukah Bunda
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!