sign up SIGN UP search


cerita-bunda

Tukang Buah Ikhlaskan Kurang Bayar Saat Tahu Aku Sedekah untuk Anak Yatim

Sahabat HaiBunda   |   Haibunda Jumat, 25 Mar 2022 18:36 WIB
Ilustrasi penjual buah Ilustrasi penjual buah/Foto: Getty Images/Edwin Tan
Jakarta -

Sebelum Ramadan, keluarga kami punya tradisi untuk memberi sedekah untuk mereka yang membutuhkan. Kebetulan di Ramadan 2022 ini kami sepakat untuk urunan membagikan rezeki untuk anak yatim.

Uang yang sudah kami kumpulkan sekeluarga kemudian kami bagi-bagi untuk beli baju muslim, perangkat solat, makanan, dan buah-buahan untuk anak yatim-piatu. Untuk pembelian ini kami berbagi tugas.

Kebetulan aku yang bertugas membeli makanan utama dan buah-buahan ini, Bun. Jumlah uang yang ada sudah aku bagi dua dengan ipar yang bertugas membeli baju dan alat solat.


Banner Mantan Istri Doni SalmananFoto: HaiBunda/Annisa Shofia

Tapi, aduh aku malu banget, Bun!  Ternyata paket buah yang sudah aku pilih-pilih di tukang buah itu kelewat dari anggaran uang yang sudah aku siapkan. Aku salah perhitungan rupanya. Uang sisa membeli makanan utama jadinya enggak cukup untuk membeli buah.

Kalau enggak salah, paket buah yang aku pilih itu habis sekian ratus ribu. Uang yang aku punya kurang sekitar Rp50 ribu lagi dari harga total yang disebut oleh penjual buah. 

Ya sudah aku bilang sama Bapak penjual bahwa kurangi saja buah yang ada. Si Bapak awalnya sempat sungkan, tapi saat aku bilang uangnya enggak cukup, dia balik bertanya,"Memangnya ini buahnya untuk siapa, Bu?"

Aku jawab untuk rumah anak yatim-piatu yang ada di ujung jalan. Selesai mendengar jawaban itu, dia sempat diam dan malah bilang,"Ya udah enggak apa-apa Bu, welas asih podo ke menongso (kasih sayang ke sesama manusia)."

Lalu dia masukkan kembali buah yang aku pilih dan aku ucapkan terima kasih. Rupanya memang semangat berbagi di bulan Ramadan itu menular ya, Bun. Semoga barokah untuk si Bapak penjual buah.

(Bunda Ar, Bogor)

Mau berbagi cerita kebaikan di bulan Ramadan, Bun? Yuk cerita ke kami lewat [email protected] Cerita terbaik akan mendapat THR menarik dari HaiBunda.

Simak juga video berikut mengenai Widi Mulia yang memberi wejangan untuk Bunda yang cerai di usia muda. 

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!