sign up SIGN UP search


haibunda-squad

6 Jenis Screening Pranikah untuk Mendapatkan Anak Sehat dan Unggul

Annisa Karnesyia Jumat, 18 Dec 2020 12:59 WIB
Webinar HaiBunda Bersama Dokter caption
Jakarta -

Memiliki anak sehat dan cerdas tentunya menjadi dambaan Bunda dan Ayah. Tak sedikit pasangan mempersiapkan kehamilan bahkan sebelum membina rumah tangga lho, Bunda.

Salah satu persiapan yang penting adalah screening pranikah nih. Bunda, sudah tahu mengenai hal ini lebih lanjut?. Gampangnya, tes ini menjadi persiapan penting yang dilakukan sebelum menikah untuk mengetahui kondisi kedua pasangan yang ingin memiliki momongan.

Dokter Spesialis Anak - Konsultan Perinatologi, Prof. Dr. dr.Rinawati Rohsiswatmo, Sp.A(K) dari RSUPN Dr.Cipto Mangunkusumo, mengatakan bahwa screening pranikah bagus untuk mencegah berbagai penyakit pada calon bayi. Melalui pemeriksaan ini, kita juga bisa mengetahui seberapa besar masalah kesehatan pada wanita yang ingin hamil.


"Setiap ayah dan ibu yang sehat akan melahirkan bayi yang sehat. Jadi si bayi ini akan mengikuti orang tuanya. Ayo calon ibu, kita lakukan screening pranikah, karena ini berpengaruh besar terhadap anak-anak unggul di masa datang," kata Rina, dalam Webinar HaiBunda Bersama Dokter, Jumat (18/12/2020).

Sayangnya, kesadaran untuk melakukan screening pranikah masih rendah di Indonesia, Bunda. Menurut survei, kurang dari 10 persen pasangan memiliki inisiatif melakukan screening ini.

Nah, sebelum terlambat beritahu orang-orang terdekat mengenai 6 Jenis Screening Pranikah yang bisa dilakukan yuk:

1. Pemeriksaan fisis dan laboratorium sederhana

Pemeriksaan ini mencakup berat badan, tekanan darah, gula darah, dan darah Perifer lengkap. Pemeriksaan darah Perifer lengkap untuk mengetahui kadar sel darah merah, hemoglobin (Hb), sel darah putih, dan Trombosit.

"Pada pemeriksaan Hb harus hati-hati dengan anemia. Sekitar 45 persen ibu hamil itu anemia atau kurang sel darah merah. Kalau Hb kurang, oksigen yang beredar di tubuh tidak akan sampai ke target organ," ujar Rina.

2. Pemeriksaan ke arah pembawa sifat (carrier) thalassemia

Kedua calon pengantin perlu memeriksa kemungkinan sebagai carrier thalassemia atau normal. Jika memiliki gen pembawa sifat, kita bisa berisiko melahirkan anak dengan thalassemia.

Apa lagi jenis screening pranikah yang bisa dilakukan pasangan? BACA HALAMAN BERIKUTNYA ya.

Simak juga ciri hamil dilihat dari perubahan kulit, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Jenis Screening Pranikah untuk Memiliki Anak yang Sehat
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi