sign up SIGN UP search


haibunda-squad

GTM Mudah Diatasi Kok Bun, Ini 9 Tips Menangani Anak Menolak Makan

Annisa Karnesyia Jumat, 18 Dec 2020 20:11 WIB
Webinar Haibunda caption
Jakarta -

Si kecil sering menolak makan, Bunda? Kondisi ini bisa jadi disebabkan GTM atau gerakan tutup mulut lho.

GTM dikenal juga dengan kesulitan makan pada anak. GTM tak cuma memengaruhi tumbuh kembang si kecil, tapi juga sering bikin cemas orang tua.

"GTM adalah ketidakmampuan bayi atau anak untuk mengonsumsi makanan yang diperlukan, secara alami, wajar dan sukarela," kata dokter spesialis anak, Dr.dr.Aryono Hendarto, Sp.A (K), MPH, dalam Webinar HaiBunda Bersama Dokter, Jumat (18/12/2020).


Pada kondisi ini, anak hanya mampu menghabiskan kurang dari 2/3 jumlah makanannya lho. Akibatnya, nutrisi dan gizi anak tidak terpenuhi secara penuh.

Angka kejadian GTM sebanyak 27,3 persen terjadi pada anak yang hanya mau makanan lumat atau cair. Lalu 24,1 persen karena anak kesulitan mengisap, mengunyah, atau menelan.

Kemudian, 23,4 persen karena kebiasaan anak mengonsumsi makanan yang tak biasa dan 11,1 persen karena tidak menyukai banyak macam makanan.

Kesulitan makan pada anak bisa berdampak buruk pada masa depannya, Bunda. Anak bisa mengalami anemia atau kurang darah dan mengganggu prestasinya.

"Kalau prestasi sekolah terganggu, potensi anak menjadi menurun di masa depan," ujar Aryono.

Faktor Penyebab GTM

1. Organik

Faktor organik termasuk kondisi medis si kecil, Bunda. Misalnya, ada penyakit di rongga mulut seperti sariawan atau infeksi saluran cerna.

Selain itu, faktor organik juga dapat disebabkan infeksi saluran kencing (ISK), infeksi saluran pernapasan akut (ISPA, atau Tuberkolosis (TB).

2. Nutrisi

Pemenuhan nutrisi anak bisa bergantung pada orang lain. Bila orang tua memaksakan kehendak untuk memberi makan anak, dia bisa menolak makan menjadi picky eater.

"Jangan menempatkan anak seperti kita atau semua harus sesuai kehendak orang tua. Nantinya, anak bisa jadi pemilih atau picky eater," ucap Aryono.

Bunda juga perlu ingat, bayi adalah konsumer pasif yang tidak bisa memilih dan menyediakan makanan. Pada anak usia lebih dewasa, mereka mungkin memiliki kehendak untuk memilih makanannya sendiri.

Selain kedua faktor ini, GTM juga bisa disebabkan faktor psikologis lho. Seperti apa penjelasannya?

BACA HALAMAN SELANJUTNYA ya.

Simak juga tentang nutrisi pada anak yang sulit makan, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

9 Tips Menangani Anak Menolak Makan
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi