sign up SIGN UP search


haibunda-squad

5 Tanda Melahirkan Sudah Dekat, Ibu Hamil Perlu Tahu

Muhayati Faridatun Selasa, 09 Feb 2021 10:53 WIB
Time To Give Birth. Pregnant Woman Having Contractions At Home, Her Panicked Husband Calling Doctor, Free Space caption
Jakarta -

Banyak persiapan yang harus ibu hamil lakukan jelang persalinan. Selain mempersiapkan kondisi fisik dan mental, Bunda juga perlu mengenaliĀ tanda-tanda melahirkan sudah dekat.

Banyak ibu hamil bertanya-tanya, bagaimana sih rasanya melahirkan? Berapa lama ya proses persalinan yang harus dilalui? Bagaimana pula mengetahui tanda-tanda melahirkan yang umum dialami ibu hamil? Dan masih banyak pertanyaan lain, apalagi bagi Bunda yang hamil pertama kali.

Kalau Bubun, saat hamil anak pertama, jujur enggak pernah kepo tentang proses melahirkan orang lain. Entah itu keluarga atau teman-teman dekat. Tapi, Bubun selalu ingat pesan seorang sahabat, "Usahakan jangan teriak-teriak saat lahiran, nanti malah tambah sakit."


Saat usia kehamilan memasuki 38 minggu, Bubun sudah siap nih menanti kelahiran sang buah hati. Dokter bilang, tanda melahirkan paling mudah dikenali adalah kontraksi. Semakin dekat melahirkan, maka frekuensi kontraksi akan makin sering.

Kala itu, Bubun mengalami kontraksi sejak tengah malam. Bubun sampai enggak bisa tidur karena 'menikmati' kontraksi hingga pagi hari. BegituĀ kontraksi terasa makin sering, sekira jam 7 pagi, Bubun telepon ke rumah sakit.

Perawat RS menyarankan, "Kalau sudah keluar flek, baru ke rumah sakit ya."

Tak lama kemudian, Bubun mengalami flek dan langsung siap-siap ke rumah sakit. Saat tiba di RS, lalu diperiksa, ternyata sudah bukaan tiga. Dokter memperkirakan, kalau tidak ada halangan berarti, Bubun akan melahirkan sekira jam 2 siang.

Prediksi dokter pun tepat, Bubun melahirkan anak pertama pukul 14.10 WIB. Alhamdulillah, Bubun bisa tenang selama proses melahirkan normal, tanpa teriak-teriak he he he. Itulah pengalaman tentang tanda-tanda melahirkan yang Bubun rasakan.

Bagi Bunda yang sedang hamil, perlu dicatat juga nih 5 tanda melahirkan sudah dekat, seperti dipaparkan dokter spesialis kebidanan dan kandungan dr.Ilham Utama Surya, Sp.OG. Menurut penjelasan dokter Ilham, persalinan normal terjadi saat 37 hingga 42 minggu.

Lalu, apa saja tanda-tanda melahirkan sudah dekat? Yuk klik BACA HALAMAN BERIKUTNYA. Ada hadiah menarik juga lho.

Banner Melly Goeslaw Sukses DietFoto: Mia Kurnia Sari
Tanda-tanda melahirkan sudah dekat
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi