sign up SIGN UP search


haibunda-squad

5 Manfaat Prenatal Yoga bagi Ibu Hamil: Kurangi Stres hingga Nyeri Punggung

Muhayati Faridatun Selasa, 16 Feb 2021 14:58 WIB
Healthy Lifestyle. Happy pregnant woman exercising on fitball at home. Free space caption
Jakarta -

Selama kehamilan, Bunda dianjurkan tetap berolahraga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Salah satu olahraga yang bisa ibu hamil lakukan adalah prenatal yoga. Apa saja sih manfaatnya?

Sebelum membahas manfaat prenatal yoga, Bunda perlu tahu bahwa tubuh kita selalu mengalami perubahan. Inilah yang disampaikan Jane Austin, seorang guru yoga, khusus sebelum dan sesudah melahirkan, yang berasal dari San Francisco, Amerika Serikat.

Menurut Austin, saat kehamilan, tubuh kita mengalami perubahan yang lebih cepat. Jadi, ibu hamil membutuhkan bantuan untuk menyesuaikan diri dan memberi perawatan bagi tubuhnya. Cara yang bisa dilakukan ibu hamil untuk menyesuaikan perubahan itu dengan prenatal yoga.


"Latihan prenatal yoga dirancang untuk mendukung perubahan yang terjadi pada tubuh yang sedang hamil," kata Austin, dikutip dari Parents.

Pendiri sekolah prenatal yoga Mama Tree ini juga menjelaskan, prenatal yoga menawarkan cara yang sehat dan aman bagi wanita untuk meregangkan otot dan memperkuat tubuh. Khususnya tubuh bagian bawah untuk memudahkan proses menopang tubuh, selama perut membesar saat kehamilan.

Dalam kelas prenatal yoga, prioritas Austin adalah mengajari para ibu hamil untuk meyakini tubuh mereka akan terbuka dan sanggup melewati proses melahirkan. Karena saat ibu hamil merasa takut menghadapi persalinan, menurut Austin, tubuh bisa jadi kencang dan tegang.

"Ini siklus ketakutan - ketegangan - nyeri, yang bisa menyabotase ketenangan selama persalinan," ujarnya.

Sementara itu, melansir dari Mayo Clinic, prenatal yoga bisa membantu ibu hamil mempersiapkan persalinan dan meningkatkan kesehatan bayi. Sama seperti kelas persiapan persalinan lain, prenatal yoga bertujuan mendorong peregangan, keterpusatan mental, dan fokus pernapasan.

Penelitian menunjukkan, prenatal yoga aman dilakukan dan memberi banyak manfaat bagi ibu hamil dan bayinya. Berikut lima manfaat yang didapat jika ibu hamil rutin melakukan prenatal yoga:

1. Ibu hamil bisa memperbaiki kualitas tidur.

2. Bisa mengurangi stres dan kecemasan.

3. Ibu hamil bisa meningkatkan kekuatan, kelenturan, dan daya tahan otot, yang dibutuhkan untuk melahirkan.

4. Bisa mengurangi nyeri punggung bawah, mual, sakit kepala, dan sesak napas.

5. Dengan mengikuti kelas prenatal yoga, para ibu hamil bisa menjalin ikatan dan saling berbagi cerita, yang bermanfaat untuk mengurangi stres terutama bagi orang tua baru.

Tapi perlu Bunda ingat, sebelum memulai prenatal yoga, sebaiknya pahami apa saja yang diperlukan dalam kelas, serta tips keamanan dan keselamatan kandungan. Bunda ingin tahu selengkapnya?

Yuk ikutan kelas prenatal yoga bersama Coach Yoga Natura Yoga, Amanda, di event Bumil Time, Sabtu (20/2/2021), yang akan tayang secara live streaming di HaiBunda.com mulai pukul 10.00 WIB. Gratis, Bun!

Masih banyak lagi acara seru lainnya dan ada hadiahnya juga lho. Apa saja? Lihat selengkapnya di SINI.

Banner Tanaman Hias AlokasiaBanner Tanaman Hias Alokasia/ Foto: Mia Kurnia Sari
(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi