sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Proses Melahirkan Bikin Bunda Trauma? Ada Solusinya Nih

Muhayati Faridatun Rabu, 17 Feb 2021 15:50 WIB
Young pregnant woman working in home office caption
Jakarta -

Sebagian wanita mungkin menganggap, persalinan adalah momen paling berharga dan takkan terlupa seumur hidupnya. Tapi, sebagian yang lain justru merasakan, proses melahirkan adalah sebuah trauma.

Dijelaskan Psikolog dan Konsultan Mental, dr.Elyssa Barbash, Ph.D., trauma adalah pengalaman subjektif seseorang yang ditimbulkan dari suatu peristiwa. Bisa jadi, trauma ini ditimbulkan akibat melihat pengalaman orang lain.

Ya, Bunda mungkin saja trauma melahirkan karena melihat proses persalinan orang terdekat, seperti keluarga atau sahabat. Sedangkan trauma yang dirasakan setelah Bunda melahirkan, Barbash menjelaskan, kondisi ini disebut sebagai post-traumatic stress disorder (PTSD).


"Trauma kelahiran terjadi saat Anda mengalami ketakutan yang kuat bahwa Anda atau bayi Anda akan meninggal," ujar Barbash, dilansir Psychology Today.

Penyebab trauma melahirkan ini bermacam-macam, Bunda. Di antaranya karena kehilangan banyak darah saat persalinan, operasi caesar darurat karena detak jantung bayi tiba-tiba turun, bayi lahir cacat akibat kelahiran traumatis, hingga kelahiran mati.

Tapi menurut Barbash, pengalaman tersebut belum tentu menimbulkan trauma. "Beberapa wanita yang pernah mengalami persalinan traumatis mungkin tidak menyebut pengalaman itu sebagai trauma," katanya.

Nah, para bunda yang sedang hamil, terlebih ini adalah kehamilan pertama, jangan sampai trauma dengan proses melahirkan ya. Dokter Barbash menyarankan, Bunda sebaiknya tak menyangkal trauma tersebut karena bisa menimbulkan gangguan psikologis jangka panjang.

Kalau mengalami trauma melahirkan, Bunda disarankan menjalani psikoterapi dan mengonsumsi obat yang dianjurkan dokter. Pastikan juga, Bunda mendapat dukungan dari orang-orang terdekat yakni suami, keluarga, dan kerabat. Demikian penjelasan yang dikutip dari What to Expect.

Lalu, bagaimana sih cara mengurangi risiko trauma melahirkan? Ibu hamil engak perlu khawatir karena bisa tanya langsung ke Founder Melahirkan Metode Tiup-tiup, Bidan Novel, di event Bumil Time yang tayang live streaming di HaiBunda.com, Sabtu (20/2/2021) mulai pukul 10.00 WIB.

Bidan Novel akan menjawab pertanyaan para bunda hamil dalam talk show: Melahirkan Nyaman Minim Trauma. Selain itu, masih banyak lagi acara seru lainnya dan berhadiah lho! Apa saja? Yuk lihat di SINI.

Banner Tanaman Hias AlokasiaFoto: Mia Kurnia Sari
(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi