sign up SIGN UP search


menyusui

5 Tips Menjaga Pola Makan Busui Tetap Sehat, Perhatikan Protein dan Lemak

Annisa Karnesyia Minggu, 27 Jun 2021 18:31 WIB
Ibu menyusui makan caption
Jakarta -

Menyusui adalah momen penting untuk memberikan nutrisi yang bergizi untuk si Kecil. Untuk menjaga kuantitas dan kualitas ASI, Bunda juga perlu memerhatikan asupan makan dan kondisi tubuh ya.

Setelah melahirkan, para Bunda biasanya khawatir dengan kondisi tubuhnya nih. Tak jarang banyak yang melakukan diet untuk menurunkan berat badan dengan membatasi makan.

Diet menyusui boleh dilakukan. Tapi, metodenya enggak sama seperti umumnya diet menguruskan tubuh ya. Selama menyusui, Bunda tetap perlu mengonsumsi makanan bergizi untuk menjaga kualitas ASI.


"Konsultasi ke dokter bila khawatir dengan penurunan berat badan setelah melahirkan. Dokter akan memberikan saran sehat untuk menurunkan berat badan yang aman," kata dokter kandungan Valinda Riggins Nwadike, MD, MPH, dilansir Healthline.

Sebenarnya, menyusui adalah cara paling aman untuk menurunkan berat badan. Bentuk tubuh akan kembali seperti semula hanya dengan rutin menyusui buah hati.

Agar proses menyusui bisa berjalan lancar, Bunda perlu menjaga asupan makan. Meski tengah mencoba untuk menurunkan berat badan, pastikan Bunda tidak mengurangi terlalu banyak asupan kalori ya.

"Selain tidak melewatkan waktu makan, penurunan berat badan dapat didukung bila wanita rutin makan. Konsumsi makanan yang lebih sering dapat membantu tubuh menyediakan energi sepanjang hari," ujar Nwadike.

Selama menyusui, Bunda perlu menargetkan tiga kali makan utama dan dua kali makan camilan. Jangan lupa untuk memilih bahan makanan yang sehat.

Selain makan, jangan lupa untuk olahraga rutin agar tubuh tetap sehat selama menyusui ya. Kebayakan wanita lupa bergerak karena sibuk menyusui buah hatinya.

Apa saja yang perlu diperhatikan dalam menyiapkan makanan sehat selama menyusui? Baca halaman berikutnya ya.

Simak juga 5 ASI booster alami untuk Bunda menyusui, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

TIPS MAKAN SEHAT SELAMA MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi