sign up SIGN UP search


haibunda-squad

3 Persiapan Menyusui agar Produksi ASI Lancar, Perhatikan Asupan Air Minum Bun

Annisa Karnesyia Selasa, 19 Oct 2021 14:35 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Siapa sih Bunda yang enggak ingin produksi ASI-nya lancar selama menyusui? Bila produksi ASI berkurang, dampak langsungnya bisa dirasakan bayi lho.

Menurut Ahli Gizi dan Feeding Therapist, Leona Victoria MND, Bunda bisa mengetahui bayi sudah cukup ASI atau belum. Caranya dengan melihat kondisi buah hati selama atau setelah menyusu.

Tanda Bayi kurang ASI

1. Pipi bayi terlihat kempot saat menyusu

Saat menyusui Si Kecil, Bunda disarankan untuk melakukan kontak dengannya. Selain untuk membangun bonding, tujuannya agar tahu apakah ia kekurangan ASI atau tidak.


"Bisa dilihat dari bayinya, misalnya kalau dia lagi menyusu, pipinya enggak full tapi kempot, jadi kayak berusaha mengisap," kata wanita yang akrab disapa Ria ini dalam Live Instagram HaiBunda bersama Le Minerale, Rabu (22/9/21).

2. Warna urine

Perhatikan juga warna urine dari popok yang ia kenakan, Bunda. "Air pipis juga bisa berwarna kuning gelap atau pekat, dan popoknya basah kurang dari 3 kali sehari," sambungnya.

5 kebiasaan aneh orang IndonesiaFoto: Mia Kurnia Sari

Ada beberapa penyebab produksi ASI berkurang, Bunda. Salah satunya adalah kondisi kesehatan mental si ibu selama meng-ASI-hi buah hatinya.

Ria mengatakan bahwa Bunda bisa mengalami stres, cemas, hingga baby blues usai melahirkan. Pada akhirnya kondisi ini bisa mengganggu proses menyusui.

Untuk itu, Bunda enggak boleh sampai stres dan harus selalu bahagia saat menyusui anak ya. Jangan lupa menjaga pola makan agar ASI lancar.

"ASI itu sangat full dengan nutrisi, jadi harus disuplai dari diet ibunya," ujar Ria.

ASI enggak lancar juga bisa disebabkan si Bunda sakit, kurang tidur atau istirahat. Selama menyusui, Bunda perlu mencuri waktu untuk istirahat, misalnya ikut tidur saat bayi terlelap.

"Harus banyak istirahat. Kalau bayi tidur, kita juga tidur atau minta bantuan suami untuk mengerjakan urusan rumah tangga. Ibunya juga butuh istirahat dan harus bahagia," ungkap Ria.

Agar proses menyusui berjalan lancar, Bunda bisa melakukan persiapan ya. Apa saja?

Baca halaman berikutnya.

Simak juga 3 posisi menyusui agar bayi menjadi tenang, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

PERSIAPAN MENYUSUI AGAR ASI LANCAR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!