sign up SIGN UP search


menyusui

ASI Berkurang saat Bayi Mulai MPASI, Simak 3 Tanda Ini Bun

Meita Fajriana Jumat, 17 Sep 2021 09:05 WIB
Ilustrasi MPASI, anak makan caption

Bunda sedang mengalami penurunan suplai Air Susu Ibu (ASI) saat Si Kecil mulai makan makanan padat atau makanan pendamping ASI (MPASI)? Jangan khawatir Bunda, hal ini juga dialami sebagian besar ibu menyusui.

Khawatir berlebihan hanya akan membuat Bunda stres dan akibatnya ASI berkurang. Untuk itu, yuk cari tahu apa penyebabnya dan apa yang harus Bunda lakukan untuk menghindarinya. 

Melansir dari laman PregnancyBirthBaby, pada usia 6 bulan, bayi Bunda masih harus mendapatkan sebagian besar nutrisinya dari ASI atau susu formula. Namun, pada usia ini Bunda sudah mulai memperkenalkan Si Kecil dengan makanan padat.


Proses pemberian MPASI ini nyatanya membuat momen menyusui langsung sedikit berkurang. ASI bekerja dengan konsep supply dan demand. Saat permintaan berkurang tentunya berdampak pada pengurangan produksi. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab berkurangnya ASI saat mulai MPASI. 

Banner TKW Blitar dapat Hadiah Mewah

Untuk menghindarinya Bunda perlu melakukan trik agar pengenalan MPASI tidak berdampak pada produksi ASI Bunda. Bayi Bunda biasanya hanya akan mengonsumsi sedikit makanan padat pada awalnya.

Mulailah memberi makan padat pada bayi Bunda sekali sehari, kemudian tingkatkan menjadi 2 atau 3 kali sehari seiring bertambahnya usia. Saat usia 8 hingga 9 bulan, berikan bayi Bunda makanan padat sebagai bagian dari sarapan, makan siang, dan makan malam. Dengan begitu, produksi ASI masih akan tetap lancar. 

Atur juga jadwal MPASI dan ASI secara baik agar suplai ASI tetap lancar. Dari enam hingga sembilan bulan berikan bayi Bunda ASI atau susu formula terlebih dahulu, lalu makanan padat setelah ASI.

Dari 9 bulan Bunda bisa memberikan makanan padat terlebih dahulu, lalu ASI. Hal ini memungkinkan bayi Bunda bertransisi secara alami dari susu formula atau ASI ke makanan padat saat usia 12 bulan nanti. 

Klik halaman berikutnya ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 0-6 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 0-6 bulan. Cek Yuk arrow-right
TANDA ASI MULAI BERKURANG
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!