sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Jangan Salah Bun! Ini 3 Cara Mudah Bedakan Produk Herbal Asli atau Palsu

Mutiara Putri Selasa, 28 Sep 2021 16:48 WIB
TIPS BEDAKAN HERBAL ASLI DAN PALSU
ilustrasi minum obat caption

Seperti Bunda ketahui, banyak produk herbal yang dipasarkan secara online. Selain minuman jamu, penjualan berbagai vitamin herbal dalam kemasan seperti kapsul juga sudah banyak ditemui di media sosial.

Sayangnya, tak semua penjual menggunakan prinsip kejujuran, Bunda. Karena itu, Bunda perlu pastikan produk yang dibeli 100 persen asli dan aman untuk dikonsumsi.

Tips bedakan herbal asli dan palsu

Menurut dokter Inggrid, herbal yang dijual di pasaran memang sangat sulit dideteksi keasliannya dengan panca indera, sehingga harus diperiksa melalui laboratorium. Meski begitu, ia tetap memberikan tips mudah untuk Bunda yang awam agar bisa membedakan herbal asli dan palsu. Berikut tipsnya:


1. Penjual yang dipercaya

Meski sangat ingin membeli herbal di internet karena tergiur dengan banyaknya diskon dan promo yang berlaku, Bunda harus pastikan toko yang Bunda pilih memiliki produk yang berkualitas tinggi. Kalau Bunda mengenal sang penjual, bahkan bisa memberikan nilai tambah.

"Misalnya, kita ingin membeli jamu segar seperti jamu gendong, tentu kita bisa pilih dari penjual yang sudah dipercaya kredibilitasnya," kata dokter Inggrid.

2. Periksa izin edar

Selain berbentuk cairan segar seperti jamu, herbal yang biasa dikonsumsi juga dalam bentuk serbuk seperti kapsul atau tablet. Bunda bisa periksa izin edar pada produk.

"Kalau herbalnya bukan berupa ramuan segar, tapi berupa serbuk instan yang dilarutkan di air, atau bentuk tablet, bentuk kapsul, bentuk sirup, itu berarti kita perlu lihat nomor izin edar Badan POM," tutur dokter Inggrid.

3. Cek nomor di website

Setelah menemukan nomor izin edar yang tertera di produk, mungkin Bunda masih ragu dengan produk yang sudah dibeli, nih. Jangan khawatir, menurut Dr. Inggrid, Bunda bisa periksa nomor POM tersebut ke website resmi BPOM.

"Kalau perlu, kita cek lagi (nomornya). Itu (nomornya) kita salin, kita cek di website-nya Badan POM. Kita masukkan nomor itu, kita klik, nanti akan keluar nama dan mereknya," dokter Inggrid menjelaskan.

"Kalau tidak keluar nama mereknya di website, berarti itu palsu. Artinya, dia pakai nomor palsu."

Nah, semoga tipsnya bermanfaat dan tetap waspada dalam membeli produk herbal ya, Bunda.

Simak juga yuk, video tanaman hias bermanfaat untuk redakan batuk dan sistem pernapasan berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(mua/muf)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!