sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Konsultasi soal Konflik Rumah Tangga di Sini, Ada Hadiahnya Bun

Tim HaiBunda   |   Haibunda Minggu, 20 Mar 2022 10:35 WIB
HaiBunda Live Cara Meredam Konflik caption
Jakarta -

#HaiBunda, dalam berumah tangga rasanya susah banget ya menghindar dari konflik. Mulai dari perbedaan pendapat dengan suami dan anak, sampai perseteruan dengan keluarga besar.

Seperti dikatakan Psikolog Ratih Zulhaqqi, M.Psi., konflik rumah tangga paling sering dialami para bunda biasanya dengan suami. Salah satu pemicunya adalah perbedaan dan penyesuaian kebiasaan suami istri.

"Misalnya kayak sesimpel pasangannya nggak rapi, Bunda sukanya rapi, atau karena ngacak-ngacak baju, taruh handuk sembarangan, dan lain sebagainya," ujar Ratih kepada HaiBunda, Sabtu (19/3/2022).


Masalah lain penyebab konflik dalam rumah tangga, Ratih menambahkan, biasanya karena berbeda kebiasaan dalam memberi aturan ke anak. Para bunda sering mengalami nih, suami dan anak kadang 'sekongkol' melanggar aturan.

Jusuf Hamka

Apalagi selama pandemi COVID-19, anak sekolah online dan Bunda perlu mendampingi. Padahal, Bunda juga sibuk dengan urusan kantor, meeting online, belum lagi setumpuk pekerjaan rumah tangga sudah menanti. Fiuh!

"Bisa juga konflik karena Bunda yang perfeksionis terhadap ekspektasi ke anak dan pasangan. Masalah komunikasi juga bisa memicu konflik," ucap Ratih.

Selain dengan suami dan anak, para bunda juga kerap menghadapi konflik dengan keluarga besar. Menurut Ratih, penyebab konflik dengan keluarga terdekat biasanya karena komunikasi, adanya intervensi, atau perbedaan pola pengasuhan anak.

"Di Indonesia kan ada pola pengasuhan yang sifatnya tiga generasi ya. Kita titip anak ke orang tua, pola asuhnya ternyata nggak sesuai yang biasa kita lakukan," tuturnya.

Nah, bagaimana ya cara meredam berbagai konflik ini? Apalagi tak terasa, bulan Ramadan tinggal menghitung hari ya, Bunda. Tentunya kita akan lebih tenang menjalankan ibadah tanpa ada pertengkaran keluarga.

Yuk konsultasi langsung ke Bunda Ratih Zulhaqqi, M.Psi., dalam program HaiBunda Live di Instagram @haibundacom, pada Selasa (22/3/2022) mulai pukul 19.00 WIB. Dengan tema: Meredam Konflik dengan Keluarga Terdekat Bunda, acara ini dipandu Managing Editor HaiBunda Zika Zakiya.

Selain itu, dua member HaiBunda Squad akan join live lho! Mereka berkesempatan konsultasi langsung dengan narasumber dan Bubun sediakan hadiah menarik nih. Bunda juga bisa kok, tuliskan pertanyaan di kolom komentar saat live berlangsung.

Bagi Bunda yang mau join di HaiBunda Live berikutnya, yuk gabung komunitas HaiBunda Squad! Cara daftarnya tinggal klik di SINI.

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!