sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Tanya Soal Melahirkan ke Bidan Mila Jamilatus Sa'diyah, Dapat Voucher Belanja

Tim HaiBunda   |   Haibunda Minggu, 05 Jun 2022 14:12 WIB
HaiBunda Live Tips Melahirkan di Bidan HaiBunda Live Tips Melahirkan di Bidan/ Foto: Annisa Shofia Khairina/ HaiBunda
Jakarta -

#HaiBunda Saat akan melahirkan, tentu banyak banget yang perlu dipersiapkan ibu hamil. Selain persiapan fisik dan mental, Bunda juga harus memastikan di mana akan melahirkan. Mau melahirkan di bidan atau dokter di rumah sakit?

Kalau berencana melahirkan di bidan, ada beberapa hal yang perlu Bunda ketahui lebih dulu. Dikatakan Bidan Jamilatus Sa'diyah atau akrab disapa Bidan Mila, para bidan hanya bisa menangani ibu hamil dengan kehamilan berisiko rendah.

"Sedangkan kehamilan berisiko tinggi ditangani oleh dokter kandungan," ujar Bidan Mila kepada HaiBunda, baru-baru ini.


Bunda juga perlu tahu nih, apa saja syarat ibu hamil bisa melahirkan di bidan. Menurut penjelasan Bidah Mila, syaratnya adalah sebagai berikut:

1. Melahirkan secara pervaginam (normal)
2. Tidak memiliki faktor risiko seperti diabetes atau hipertensi
3. Kondisi bayi tidak sungsang
4. Kehamilan tunggal (bukan kembar)
5. Tidak mengalami preeklampsia atau perburukan kondisi lain saat persalinan

Banner Cara Percepat Pembukaan Saat Persalinan

Jadi, pastikan dulu ya kondisi Bunda sebelum melahirkan di bidan. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu Bunda pertimbangkan. Misalnya, ketiadaan pain relief atau epidural. Di bidan, Bunda tidak bisa mendapatkan epidural untuk meredakan sakit persalinan.

"Proses persalinan benar-benar dilakukan secara alami, Bun. Biasanya, bidan mengajarkan teknik hypnobirthing untuk mengelola rasa sakit saat melahirkan," Bidan Mila menjelaskan.

Hal lain yang perlu Bunda perhatikan adalah rumah sakit rujukan beserta transportasinya. Tentu ini untuk antisipasi ya, karena kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi di hari persalinan nanti. Untuk memudahkan proses rujukan, pastikan bidan bekerja sama dengan RS tujuan.

Bila kondisi ibu hamil baik dan bisa melahirkan di bidan, ada beberapa keuntungan yang didapat. Bidan Mila mengatakan, salah satu keuntungan melahirkan di bidan adalah suasana yang lebih homey. Karena jumlah pasien tak sebanyak di RS, tenaga kesehatan pun biasanya punya lebih banyak waktu untuk pasien.

"Ini memungkinkan mereka memberi perhatian penuh dan rajin menanyakan kondisi pasien. Beberapa bidan juga sudah bekerja sama dengan BPJS sehingga bumil mungkin melahirkan secara gratis," tuturnya.

Nah, bagi para ibu hamil, apakah sudah jelas tentang melahirkan di bidan? Kalau belum, yuk tanyakan langsung ke Bidan Mila dalam HaiBunda Live di Instagram @haibundacom, pada Selasa (7/6/2022) mulai pukul 19.00 WIB.

Dengan tema Apa yang Perlu Diketahui Sebelum Melahirkan di Bidan?, program ini akan dipandu Redaktur HaiBunda Cutik Faridatun. Ada tamu spesial juga nih, yakni dua member HaiBunda Squad yang akan sharing tentang kehamilan dan pengalaman melahirkan di bidan.

Ada hadiah dua voucher belanja masing-masing Rp100 ribu rupiah lho! Kalau Bunda mau punya kesempatan join live dan dapat giveaway juga, gabung komunitas HaiBunda Squad ya. Caranya gampang, tinggal klik di SINI.

Bagi Bunda yang ingin bertanya seputar kehamilan dan melahirkan di bidan, bisa tuliskan di kolom komentar artikel ini atau saat HaiBunda Live bersama Bidan Mila. Jangan lupa pasang alarm yaaa...

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!