kehamilan

Kenapa Sih Enggak Boleh Makan Mayones Saat Bunda Hamil?

Muhayati Faridatun Jumat, 08 Mar 2019 07:00 WIB
Kenapa Sih Enggak Boleh Makan Mayones Saat Bunda Hamil?
Jakarta - Waktu Bubun hamil anak pertama, dokter menyarankan apa-apa saja yang harus dihindari selama kehamilan. Antara lain enggak boleh minum kopi, alkohol, merokok, juga tiga jenis makanan berikut:

"Makanan mentah, setengah matang, dan makanan gosong," begitu kata dr.Achmad Mediana, Sp.OG, yang saat ini praktik di RS Gandaria dan RS Asri Siloam Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Nah, si Ayah juga mengingatkan Bubun supaya enggak mengonsumsi mayonnaise atau mayones selama hamil. Katanya, mayones itu terbuat dari telur mentah, Bun. Padahal kan enak ya makan burger atau salad kalau diolesi mayones dan saus sambal. He-he-he.

Inilah yang jadi dilema kebanyakan bunda hamil. Kita suka enggak yakin apakah mayones itu dibuat dari telur mentah atau dipasteurisasi. Kalau dari telur mentah berisiko mengandung bakteri salmonela, yang bisa menyebabkan tifus dan makanan jadi beracun.


Seperti dilansir Mayo Clinic, semasa kehamilan, Bunda berisiko lebih tinggi mengalami keracunan makanan yang mengandung bakteri. Reaksinya mungkin lebih parah daripada saat Bunda enggak hamil. Tapi, keracunan makanan saat hamil jarang sampai memengaruhi bayi.

Dalam ulasan berjudul Pregnancy nutrition: Foods to avoid during pregnancy tersebut, disarankan Bunda memasak telur sampai tekstur kuning dan putihnya kencang. Hindari juga ya makanan yang dibuat dengan telur mentah atau setengah matang seperti eggnog, saus hollandaise, dan mayones.

Lalu, kenapa mayones bahaya dikonsumsi semasa kehamilan? Simak di halaman selanjutnya ya, Bunda.



(muf/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi