sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Cara Menunjang Masa Subur Pria Agar Bunda Cepat Hamil

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 21 Sep 2021 15:26 WIB
Happy expectants. Smiling pregnant woman holding baby shoes on her belly while husband cuddling her from back on bed at home, closeup caption

Jakarta - Keinginan untuk hamil seringkali terhambat karena kesuburan pasutri terganggu. Dan, enggak cuma untuk Bunda saja lho, karena masa subur pria agar cepat hamil juga ikut memengaruhi.

Secara normal, peluang pasutri untuk hamil ialah 20 persen hingga 37 persen dalam tiga bulan, 75 persen dalam enam bulan, dan 90 persen dalam satu tahun. Dari pasangan yang tidak hamil di tahun pertama, sebanyak 50 persen akan hamil di tahun berikutnya. 

Bagi Bunda dan Ayah yang sudah melewati fase tersebut dan tanpa hasil untuk hamil sebaiknya segera menemui dokter ya, Bunda, untuk di cek lebih mendalam. Sebab, sekira 20 persen kasus infertilitas disebabkan bukan hanya pria atau wanita saja, tetapi ada yang berandil dari keduanya. Dimana ada 20 persen kasus infertilitas disebabkan oleh faktor pria saja dan 30 persen lainnya melibatkan faktor pria dan wanita.


Mengevaluasi masa subur pria agar cepat hamil biasanya dokter akan melibatkan pemeriksaan fisik dan riwayat kesehatan sebelumnya ya, Bunda. Setelah itu, air mani juga akan dievaluasi. Biasanya, air mani dikumpulkan dalam wadah steril dengan masturbasi. Kemudian, tes air mani akan dilakukan untuk mengecek tentang jumlah, pergearkan, dan bentuk sperma.

Jika jumlah sperma normal dan sperma dalam bentuk normal serta bergerak normal, kemungkinan besar semuanya normal ya, Bunda. Kalau hasilnya tidak normal, sperma akan diperiksa lebih lanjut. dan, penyakit atau obat-obatan sebelumnya yang dapat mengganggu ejakulasi sperma akan diperiksa. Serta, pengecekan juga dapat dilakukan melalui tes hormon guna membantu mengevaluasi masalah kesuburan yang mungkin terjadi, seperti dikutip dari laman Reproductivefacts.

Ya, pemeriksaan kesuburan memang penting ya, Bunda. Hal ini guna mengetahui bagaimana kesehatan kesuburan dari masing-masing, tidak saja Bunda tetapi juga Ayah.

Ini dikarenakan, untuk terjadinya pembuahan, sperma tidak  saja harus sehat tetapi juga kuat guna mencapai dan menembus sel telur Bunda. Dan, untuk membuat pembuahan terjadi, seorang pria juga harus dapat memiliki dan mempertahankan ereksi, memiliki cukup sperma dengan bentuk yang tepat dan bergerak dengan cara yang benar, serta memiliki cukup air mani guna membawa sperma ke sel telur, seperti dikutip dari laman Live Science.

"Berbagai faktor, dari genetika dan gaya hidup serta paparan lingkungan dan hormon dapat memengaruhi kesuburan pria. Sehingga, sulit untuk mengetahui penyebab pasti infertilitas,"ujar Dr Jared Robins, chief of reproductive endocrinology and infertility di Northwestern Medicine Fertility and Reproductive Medicine di Chicago.

Meskipun demikian, dokter akan mengidentifikasi penyebab masalah pada pasangan tidak subur. Ketika diketahui penyebabnya, masalah pada pasangan pria khususnya cenderung mencapai sekira 40 persen. Tetapi, ada banyak langkah yang dapat diupayakan agar vitalitas tetap terjaga. Yakni dengan meningkatkan kesehatan, gaya hidup, dan hubungan intim dimana dapat meningkatkan peluang kehamilan.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



MENURUNKAN BERAT BADAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!