kehamilan

Janin Sungsang, Kenapa Ayu Dewi Harus Rajin Nungging?

Yuni Ayu Amida Senin, 23 Sep 2019 17:23 WIB
Janin Sungsang, Kenapa Ayu Dewi Harus Rajin Nungging?
Jakarta - ArtisĀ Ayu Dewi saat ini tengah hamil anak ketiga. Namun rupanya, kehamilan wanita 35 tahun ini mengalami sedikit masalah. Padahal, sudah mendekati persalinan.

Diungkapkan sang suami, Regi Datau, kemungkinan Ayu Dewi akan melahirkan secara caesar. Hal ini karena kepala sang jabang bayi yang kemungkinan berjenis kelamin laki-laki ini belum turun ke jalan lahir.

"Si Ayu lagi deg-degan, karena ada kemungkinan lahirnya harus operasi, pertama kedua kan normal, yang ini kayaknya bayinya beda," jelas Regi Datau, dilansir detikcom.


"Kan mestinya udah berputar kepalanya, ini kepalanya masih di atas, jadi lagi mempersiapkan diri," sambung Regi.

Karena hal ini, dokter pun akhirnya menyuruh Ayu untuk sering nungging. Tujuannya agar kepala bayi segera turun ke jalan lahir.

"Suruh nungging, sering-sering nungging, ya dilakukan, tapi masih belum," jelas Regi.

Janin Sungsang, Kenapa Ayu Dewi Harus Rajin Nungging?Foto: Instagram @mrsayudewi

Kondisi yang dialami Ayu Dewi ini menandakan posisi bayinya sungsang, Bun. Menurut dr.Boy Abidin, Sp.OG(K), dari RS Mitra Keluarga Kelapa Gading, janin sungsang adalah di mana kondisi pantat janin berada di bawah dan kepala di atas terhadap sumbu ibu.

Kata Boy, ada berbagai macam penyebab yang memengaruhi janin sungsang. Misalnya terdapat mioma, janin berukuran besar, lilitan tali pusat, sampai panggul ibu yang kecil.

"Jika tidak ada kesulitan lain, posisi bayi dapat kembali normal dengan menyuruh ibu menggunakan posisi nungging atau sujud untuk mengarahkan posisi kepala bayi di bawah," terang Boy, dilansir detikcom.

"Namun, itu semua kembali tergantung kepada ada atau tidaknya lilitan tali pusat, ukuran bayi, dan panggul ibu," lanjutnya.

Apa yang dialami Ayu Dewi memang umum terjadi ya, Bun. Tak jarang juga yang semakin mendekati persalinan, janin yang tadinya sungsang sudah berada dalam posisi seharusnya.

Bagaimana pun proses kelahiran anak ketiganya nanti, semoga dilancarkan ya, Bunda Ayu Dewi...

[Gambas:Video 20detik]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi