kehamilan

Posisi Janin Duduk, Ayu Dewi Sempat Terapi Akupunktur

Asri Ediyati Jumat, 04 Oct 2019 18:47 WIB
Posisi Janin Duduk, Ayu Dewi Sempat Terapi Akupunktur
Jakarta - Ayu Dewi akhirnya melahirkan anak ketiganya pada Minggu (29/9/2019) lalu. Presenter itu melahirkan bayi laki-laki yang diberi nama Muhammad Aqli Athaya. Saat melakukan jumpa pers di RS Medistra, Ayu mengaku persalinannya maju.

Seharusnya ia melahirkan di bulan Oktober. Namun terkait beberapa kondisi akhirnya Ayu harus segera melahirkan. Ayu mengungkap posisi janinnya masih duduk jelang melahirkan.

"Posisinya duduk, senderan gitu sama plasentanya," kata Ayu Dewi saat ditemui di RS Medistra, Jakarta Selatan, Jumat (4/10/2019).

Ayu sempat menjalani terapi akupunktur demi membalikkan posisi janin. Namun, hasilnya nihil, janin Ayu dari awal enggak berputar. Ayu akhirnya berserah diri dan masih percaya dengan omongan orang zaman dahulu, konon dua minggu sebelum lahiran bayi akan berputar.


"Orang-orang zaman dulu bilang dua minggu sebelum bakal muter nyatanya enggak," kata Ayu Dewi.

Akhirnya tanggal 29 September lalu anak ketiganya lahir dengan jalan caesar. Upaya itu mau tak mau Ayu Dewi harus jalani. Ya, karena persalinan pertama dan kedua Ayu berlangsung normal.
Ayu Dewi dan Regi DatauAyu Dewi dan Regi Datau/ Foto: Pool/Noel.

Di balik tanggal kelahiran Aqli, ada cerita tersendiri. Tadinya Ayu akan melahirkan tanggal 1 Oktober namun suaminya, Regi Datau merasa terlalu lama. Regi juga enggan anaknya lahir di tanggal 30 September.

"Kalo tgl 30 bertepatan sama peristiwa berdarah kalau tanggal satu kelamaan, akhirnya pilih tanggal 29," papar Regi Datau di kesempatan yang sama.

Selamat Ayu dan Regi! Semoga makin bahagia dan lengkap dengan kehadiran anak ketiganya.

Mengutip dari artikel HaiBunda sebelumnya, akupunktur telah digunakan di China lebih dari 2.000 tahun. Bagian tubuh distimulasi secara spesifik untuk kepentingan terapi. Metode ini menggunakan jarum, tapi beberapa praktisi menggunakan panas, tekanan dan impuls dari energi magnetik, stimulasi elektrik dengan elektroda. Akupuntur berdasarkan atas keseimbangan Yin dan Yang.

Metode ini dapat meredakan nyeri bagi ibu saat persalinan dengan cara mengendalikan kadar neurotrasmiter kimia dalam tubuh. Ada juga yang bilang kalau akupuntur bisamerilishormonendorfin pada ibu, sehingga rasa nyeri saat persalinan bisa terabaikan.

Simak juga teknik rebozo untuk melancarkan persalinan melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi