kehamilan

Rutin Yoga Jelang Melahirkan Seperti Ayu Dewi, Apa Manfaatnya?

Yuni Ayu Amida Jumat, 06 Sep 2019 11:00 WIB
Rutin Yoga Jelang Melahirkan Seperti Ayu Dewi, Apa Manfaatnya?
Jakarta - Pasangan suami istriĀ Ayu Dewi dan Regi Datau sedang berbahagia, juga tak sabar menyambut kelahiran anak ketiga. Ayu Dewi pun mulai mempersiapkan diri jelang persalinan, salah satunya dengan rutin berolahraga yoga.

Ayu Dewi rajin melakukan yoga karena berharap bisa melahirkan secara normal. Diketahui, saat ini usia kandungannya sudah masuk trimester ketiga.

"Pengennya normal Insya Allah, makanya lagi banyak-banyakin yoga biar tenang," ujar Ayu Dewi, dikutip dari InsertLive.


Alasan Ayu Dewi melakukan yoga adalah untuk mendapat ketenangan jelang hari persalinan. Selain itu karena gerakan yoga dirasa mampu memancing bayi untuk lebih siap dilahirkan.

"Yoga tuh bikin tenang, dan gerakannya itu memancing supaya bayinya siap-siap melihat dunia," tambahnya.

Rutin Yoga Jelang Melahirkan Seperti Ayu Dewi, Apa Manfaatnya?Foto: Instagram

Rutin yoga saat hamil seperti Ayu Dewi ini memang bagus, Bun. Dijelaskan instruktur yoga dan pilates Lisa Namuri, dengan melakukan yoga, ibu hamil bisa lebih paham dengan kondisi tubuhnya sendiri. Sehingga, saat proses persalinan nanti, ibu tidak panik dan mampu mengendalikan emosinya.

"Yoga kan sangat memperhatikan pernapasan, jadi akan sangat membantu untuk melatih pernapasan ibu hamil. Kan ada beberapa kondisi yang menyebabkan napasnya ibu hamil menjadi tertekan. Dengan yoga, sang ibu dapat bernapas dengan baik," kata Lisa dilansir detikcom.

Senada dengan Lisa, menurut ahli kandungan dari Rumah Sakit Dr Sardjito, dr.M. Nurhadi Rahman, Sp.OG, yoga memang bermanfaat untuk ibu hamil. Namun, sebaiknya dilakukan setelah trimester pertama atau usia kehamilan lebih dari 14 minggu. Karena, jika melakukan yoga saat kehamilan masih terlalu muda, bisa membahayakan janin.

Menurut dokter yang kerap disapa Adi ini, beberapa manfaat yoga yang dirasakan ibu hamil yakni memperkuat otot dasar panggul dan melatih napas. Ibu hamil juga terlatih untuk lebih tenang.

"Yang juga penting, yoga bermanfaat agar ibu rileks, tidak stres, nyaman, tidak panik. Rileks ini diperlukan saat melahirkan. Semakin ibu rileks, semakin gampang saat melahirkan, beda dengan ibu yang tegang," jelasnya.

Simak pula tayangan seputar gerakan yoga untuk ibu hamil ini, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi