kehamilan

Ikhtiar Dewi Sandra untuk Mendapatkan Momongan

Maya Sofia Rabu, 29 May 2019 08:00 WIB
Ikhtiar Dewi Sandra untuk Mendapatkan Momongan
Jakarta - Artis Dewi Sandra santer diberitakan akan melirik program bayi tabung. Seperti diketahui, di usia pernikahannya yang sudah menginjak tujuh tahun, Dewi dan sang suami, Agus Rahman, belum juga dikaruniai anak.

Mengutip 20detik, baru-baru ini, Dewi ditanya oleh sejumlah media mengenai kabar bahwa ia memilih program bayi tabung. Sambil tersenyum, perempuan berusia 39 tahun ini tak menjawab dengan gamblang.


Dewi menjelaskan bahwa pasangan suami istri yang belum memiliki anak memang memiliki cara tersendiri untuk memiliki keturunan. Mulai dari program bayi tabung hingga terapi.


"Ada yang memang dengan program, ada yang dengan berdoa, ada yang melakukan terapi, ada yang lebih ekstrem lagi," kata perempuan kelahiran Brasil ini.

Sementara, kata Dewi, ia sendiri menyerahkan semuanya kepada Allah SWT. Apakah ia ditakdirkan menjadi orang tua atau tidak.

"Nah saya ada di titik di mana karena saya yakin dengan itu, jadi biarlah Allah yang menentukan takdir dalam menjadi seorang ibu atau tidak," ucapnya.

Terlepas dari apakah Dewi Sandra mulai melirik bayi tabung atau tidak, namun yang jelas pasangan yang mengikuti program bayi tabung dituntut ekstra sabar. Sebab, waktu yang dibutuhkan untuk menjalani proses bayi tabung lumayan lama, Bun.

Mengutip Fertility News, Manajer Fertility Nurse di Reproductive Medicine Associates of Connecticus (RMACT) Christina Dias, RN, menjelaskan bahwa proses bayi tabung atau atau In Vitro Fertilization (IVF) membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

"Empat minggu merupakan waktu yang dihabiskan dalam siklus IVF, yakni setelah semua pengujian yang diperlukan selesai. Waktu tersebut belum termasuk waktu tunggu untuk tes kehamilan dimana memakan waktu 10 hari hingga dua minggu," kata Dias.


Sementara spesialis fertilitas endokrinologi reproduksi di Miami, Florida, Dr Carolina Sueldo memaparkan bahwa treatment IVF secara penuh bisa memakan waktu sekitar dua bulan. Jangka waktu yang dibutuhkan tergantung pada seberapa cepat atau seberapa baik tubuh Bunda merespons berbagai obat yang diperlukan untuk perawatan.

Proses IVF sendiri, sambung Sueldo, akan memakan banyak langkah. Langkah pertama yakni memblokir siklus menstruasi alami Bunda. Dilanjutkan dengan pemberian suntikan hormon harian atau pengendalian kelahiran hormonal. Proses ini dapat berlangsung selama beberapa minggu, Bun.

[Gambas:Video 20detik]

(som/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi