kehamilan

Makan Durian Selama Kehamilan Bikin Susah Lahiran Normal?

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 06 Jun 2019 20:12 WIB
Makan Durian Selama Kehamilan Bikin Susah Lahiran Normal?
Jakarta - Bunda, pernah merasakan ngidam sesuatu sampai enggak tertahankan? Sebagian ibu hamil mengaku pingin sekali mencicipi sesuatu sampai kebayang-bayang. Bahkan katanya bisa bikin anaknya nanti ngeces kalau enggak dituruti.

Tapi gimana ya kalau ngidam justru kepingin makan durian? Padahal kan katanya durian bahaya untuk ibu hamil, terutama yang masih trimester awal.




Dr.Goh Shen Li, consultant obstetrician & gynaecologist SL Goh Womenís Clinic di Mount Alvernia Medical Centre mengatakan, durian memang bukan makanan super tetapi ibu hamil dapat mengonsumsinya.

Goh bahkan memperbolehkan ibu hamil buat makan durian. Tapi, sebaiknya dibarengi dengan olahraga yang cukup.

"Ini disebabkan karena durian sangat tinggi gula dan karbohidrat. Hanya lima biji durian berukuran sedang mengandung 160 kalori, sedangkan lebih dari 300 ml cola saja hanya mengandung 140 kalori," katanya, dikutip dari Young Parents.

Melansir Parenting First Cry, ternyata durian memiliki manfaat bagi ibu hamil. Sebab, mengandung vitamin dan mineral serta organo-sulphur dan tryptophan yang mengandung efek antioksidan. Serta sifat antibakteri, antijamur dan antimikroba, yang membuatnya menjadi aman dikonsumsi bagi Bunda selama kehamilan.

Makan Durian Selama Kehamilan Bikin Susah Lahiran Normal?Efek makan durian untuk ibu hamil/ Foto: Istimewa
Meski demikian, Bunda harus berhati-hati karena mengonsumsi durian terlalu banyak dapat berbahaya untuk kandungan. Untuk itu, pastikan konsultasi dengan dokter sebelum Bunda mengonsumsi durian, terutama jika ingin mengonsumsi untuk pertama kali.

Selain itu, mengonsumsi durian secara berlebihan dapat menyebabkan lonjakan gula darah secara tiba-tiba, serta dapat meningkatkan berat janin. Ini terbukti menjadi penghalang bagi persalinan normal dan juga penyebab utama obesitas di masa kanak-kanak.


Untuk itu, durian sebaiknya dihindari bagi beberapa Bunda yang memiliki kondisi seperti hamil dengan diabetes gestasional, hamil dengan riwayat keluarga diabetes, hamil dengan obesitas, juga hamil yang secara ketat disarankan untuk tidak menambahkan berat badan selain yang telah direkomendasikan.

Nah, demi kehamilan yang sehat dan persalinan yang lancar, sebaiknya hati-hati ya sebelum mengonsumsi durian.

Simak juga penjelasan dokter, penyebab suami ikut ngidam saat Bunda hamil dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi