sign up SIGN UP search


kehamilan

Menguak Mitos Durian Sebagai Buah yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Tim HaiBunda   |   Haibunda Rabu, 22 Dec 2021 17:20 WIB
Dikira Gas Bocor, Bau Durian Bikin Warga Australia Panik! caption
Jakarta -

Selama masa kehamilan, Bunda pasti akan selalu diminta untuk mengonsumsi berbagai makanan sehat, termasuk buah-buahan. Namun demikian, ada beberapa buah yang memang dilarang dikonsumsi ibu hamil karena kandungan zat-zat tertentu di dalamnya.

Salah satu buah yang sering disebut dilarang untuk ibu hamil adalah durian. Bahkan bukan hanya buah berduri tajam ini saja yang dilarang, ada lagi dua jenis buah yang dimitoskan tidak disantap kala mengandung. Kenapa demikian? Simak penjelasan faktanya berikut ya, Bun.


1. Durian

Buah yang dilarang untuk ibu hamil paling sering disebut adalah durian. Mitos menyebut bahwa ibu hamil yang mengonsumsi durian bisa mengakibatkan keguguran, cacat lahir, dan mengalami pendarahan yang berlebihan pada saat persalinan.


Banner Istri Jepang Atur Gaji Suami Asal GarutBanner Istri Jepang Atur Gaji Suami Asal Garut/ Foto: HaiBunda/Mia

Padahal fakta sebenarnya tidak demikian, Bun. Pahami dulu bahwa durian mengandung berbagai jenis senyawa yang sehat, seperti anti-oksidan, anti-bakteri, anti-mikroba, tryptophan, dan organo-sulfur yang justru baik bagi ibu hamil.

Durian BOLEH dikonsumsi oleh ibu hamil asalkan tidak secara berlebihan. Selain itu ibu hamil yang mempunyai tekanan darah tinggi dan juga diabetes tidak disarankan untuk mengonsumsinya karena justru akan lebih memperparah penyakit tersebut.

2. Nangka

Berdasarkan beberapa mitos yang ada di masyarakat menyebut bahwa buah nangka bisa mempersulit proses persalinan sehingga bisa membuat bayi terlahir cacat. Ada juga yang menyatakan jika nangka ini bisa mengakibatkan keguguran. Nyatanya, belum ada penelitian secara ilmiah yang membuktikan berbagai mitos tersebut.

Jadi, amankah mengonsumsi nangka saat hamil? Penelitian menyebut buah nangka justru mempunyai kandungan berbagai vitamin dan mineral yang sangat baik untuk ibu yang sedang hamil. Selain itu mengonsumsi biji nangka yang direbus bisa membantu mengatasi sembelit yang dirasakan ketika mengandung.

3. Nanas

Orang-orang tua zaman dulu menyebut bahwa ibu hamil dilarang makan/minum nanas. Ini karena buah nanas dipercaya bisa menggugurkan kandungan dan berisiko memiliki bayi terlahir cacat.

Isu tersebut ada karena memang terdapat kandungan bromelain pada nanas. Bromelain yang dalam bentuk tablet memang tidak disarankan untuk dikonsumsi karena bisa menyebabkan pendarahan hebat pada ibu hamil.

Walaupun begitu kadar bromelain yang ada di buah nanas sangat rendah sehingga tidak akan memiliki pengaruh apa pun bagi janin dan ibu hamil. Buah yang dilarang untuk ibu hamil ini bisa dikonsumsi dengan jumlah yang wajar, ingatlah bahwa semua yang dilakukan secara berlebihan tidak baik.

Nanas diketahui mengandung vitamin C dan zat besi. Disarankan mengonsumsinya dalam jumlah bijak karena nanas dengan jumlah banyak karena bisa memicu meningkatnya asam lambung. (PK)


Simak juga video berikut mengenai serba-serbi strech marks saat hamil dan cara mencegahnya. 

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!