kehamilan

Akuratkah Menghitung Usia Kehamilan dengan Kalkulator Online?

Annisa Karnesyia Senin, 17 Jun 2019 13:00 WIB
Akuratkah Menghitung Usia Kehamilan dengan Kalkulator Online?
Jakarta - Banyak metode dilakukan untuk menghitung usia kehamilan. Salah satunya dengan kalkulator kehamilan

Kalkulator kehamilan bisa Bunda akses dengan mudah di situs internet. Kalkulator ini fungsinya menghitung perkiraan waktu bersalin.




Kalkulator kehamilan bisa Bunda akses dengan mudah di situs internet. Kalkulator ini fungsinya menghitung perkiraan waktu kelahiran.

Nah, biasanya dalam menghitung perkiraan waktu kelahiran, kita juga bisa mengetahui usia kehamilan. Dilansir Baby Center, kalkulator ini hanya bisa digunakan berdasarkan tanggal konsepsi dan siklus haid.

Keakuratan kalkulator ini berdasarkan waktu konsepsi dan siklus haid Bunda. Jika sulit mengetahuinya, maka penggunaan kalkulator tidak begitu berarti.

Sayangnya banyak wanita tidak tahu pasti siklus haid atau tanggal terakhir haidnya. Jika sudah begitu, para ahli menyarankan untuk melakukan ultrasonografi (USG) agar lebih akurat mengetahui usia kehamilan.

Hitung usia kehamilanHitung usia kehamilan/ Foto: iStock

Menggunakan kalkulator kehamilan bisa Bunda jadikan panduan untuk mempersiapkan kelahiran si kecil dan mengetahui usia kehamilan. Selain itu bisa tahu perkembangan dan ukuran janin. Tapi ingat ya jika perhitungan ini hanya perkiraan saja, Bun.

Menurut spesialis obgyn, Dr.Amos Grunebaum, MD, beberapa kalkulator kehamilan dapat langsung menghitung usia kehamilan. Beberapa bahkan dapat menghitung jarak sampai waktu kelahiran.


"Masukkan periode haid terakhir, secara otomatis kalkulator dapat mengetahui usia kehamilan dan waktu kelahiran," ujar Grunebaum, dikutip dari BabyMed.

Jika Bunda ingin tahu usia kehamilan yang tepat, kata Grunebaum, pada kalkulator tertentu bisa menghitungnya dengan memasukkan tanggal saja. Kuncinya hanya perlu tahu siklus haid terakhir.

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi