kehamilan

Hitung Usia Kehamilan, Kenali Beda Gestational Age dan Fetal Age

Annisa Karnesyia Selasa, 18 Jun 2019 16:00 WIB
Hitung Usia Kehamilan, Kenali Beda Gestational Age dan Fetal Age
Jakarta - Berbicara tentang kehamilan, Bunda dan Ayah juga perlu tahu nih beberapa istilah kedokteran. Salah satunya gestational age dan fetal age.

Salah satunya istilah usia kehamilan atau gestational age. Tapi tahukah Bunda jika usia kehamilan berbeda dengan usia janin atau fetal age?


Usia kehamilan, menurut dokter keluarga Dr.Stephen Clark, DO, adalah perhitungan yang digunakan untuk menghitung tanggal kelahiran. Perhitungannya menurut siklus haid wanita, Bun.


"Usia kehamilan perhitungannya didasarkan pada hari pertama haid terakhir. Secara teknis sekitar dua minggu termasuk saat wanita tersebut tidak hamil," ujar Clark, dilansir Intermountain Moms.

Sedangkan usia janin, kata Clark, adalah istilah yang merujuk pada usia bayi, dimulai saat pembuahan. Jadi biasanya, usia janin akan menjadi kurang dari dua minggu usia kehamilan.

Penting untuk Bunda tahu perbedaannya ya. Alasannya untuk menentukan kapan waktu tepat melakukan tes kesehatan selama kehamilan.

"Tetapi yang paling mudah dengan menentukan usia kehamilan untuk menentukan waktu tes tertentu selama kehamilan," kata Clark.

Kenali Beda Gestational Age dan Fetal AgeKenali Beda Gestational Age dan Fetal Age/ Foto: iStock

Mengutip American Pregnancy, usia janin juga merupakan usia pertumbuhan bayi dalam kandungan. Melalui usia janin, kita bisa mengetahui perkembangan organ di setiap trimester kehamilan.

Meski kebanyakan ahli merujuk pada usia kehamilan, usia janin dibutuhkan untuk mengetahui tahapan perkembangan janin, salah satunya pengukuran perkembangan organ. Pengukuran bisa dilakukan untuk mengetahui panjang janin dari kepala sampai kaki.

Walaupun hasilnya akan berbeda pada setiap wanita. Paling tidak kita bisa mengira-ngira apakah tahapan perkembangan janin sesuai dengan usia kehamilan.

[Gambas:Video Haibunda]



(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi