kehamilan

Seberapa Perlu Minum Susu Khusus Ibu Hamil bagi Calon Bunda?

Annisa Karnesyia Senin, 08 Jul 2019 19:06 WIB
Seberapa Perlu Minum Susu Khusus Ibu Hamil bagi Calon Bunda?
Jakarta - Berbagai cara dilakukan agarĀ nutrisi selama hamil terpenuhi. Salah satunya dengan mengonsumsi tambahan makanan seperti susu khusus ibu hamil.

Bagi beberapa ibu hamil, minum susu saja dapat memenuhi kebutuhan nutrisi. Benar enggak ya, Bun?

Kata dr.Merdina Manik, M.Gizi, dari RSUD Kramat Jati, susu memang dapat diberikan sebagai makanan tambahan pada ibu hamil karena kebutuhan yang meningkat. Susu juga dapat diberikan pada ibu yang mengalami mual muntah sehingga asupan dapat digantikan oleh susu.


Sementara itu, kata ahli gizi Dr.Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, susu boleh kok enggak dikonsumsi, asalkan gizi dari makanan terpenuhi. Tapi, tambahan susu difortifikasi dengan tambahan zat tertentu bisa menambah asupan kalsium.

"Harus diingat, kalau cuma minum susu karena mual dan menganggap zat gizi sudah dipenuhi, enggak benar. Susu kan mengandung protein sedangkan ibu hamil ada kebutuhan lain seperti karbohidrat, sayur, dan buah," kata Rita kepada HaiBunda, baru-baru ini.

Seberapa Perlu Minum Susu Khusus Ibu Hamil bagi Calon Bunda?Seberapa Perlu Minum Susu Khusus Ibu Hamil bagi Calon Bunda?/ Foto: ilustrasi/thinkstock
Nah, bila Bunda malah mual karena minum susu, itu wajar ya. Karena susu adalah cairan yang mudah membuat mual.

"Susu adalah cairan yang bisa memicu mual dan muntah. Kecuali susu yang dibuat khusus untuk ibu dengan hiperemesis (mual dan muntah berlebihan)," ujar Rita.

Selain memenuhi kebutuhan gizi ibu, banyak manfaat minum susu selama hamil. Dokter spesialis (supervisi ahli), dr.Fredrico Patria, Sp.OG, menjelaskan empat manfaat susu bagi ibu hamil dalam buku Dahsyatnya Hamil Sehat & Normal.

1. Mengandung zat-zat penting (asam folat, AHA dan DHA, kalsium, zat besi, vitamin C, vitamin B6, B1, dan yodium).

2. Rendah lemak dan kolesterol

3. Menghindari bayi dari BBLR (berat badan lahir rendah)

4. Menghindarkan bayi dariĀ alergi dan gangguan pertumbuhan

Susu memang baik, Bun. Tapi, kata Fredrico, sebaiknya hindari konsumsi susu domba dan kambing karena kemungkinan mengandung bakteri berbahaya listeria. Hindari juga yang tidak dipasteurisasi karena bisa mengandung bakteri E. Coli.

Simak juga alasan kenapa ibu hamil tidak boleh makan sushi pada video di bawah ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi