sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Makanan untuk Mengurangi Mual pada Ibu Hamil Muda

Asri Ediyati Selasa, 15 Sep 2020 19:50 WIB
pregnant young woman Makanan untuk Mengurangi Mual pada Ibu Hamil Muda/Foto: iStock
Jakarta -

IbuĀ hamil muda seringkali mengalami mual muntah atau sering disebut dengan kondisi morning sickness. Dalam kondisi ini, sering kali ibu hamil merasa sangat tersiksa karena kesusahan menelan makanan.

Penyebab pastinya tidak diketahui, tetapi beberapa faktor antara lain peningkatan hormon, terutama estrogen, progesteron, human chorionic gonadotrophin (HCG), dan kolesistokinin, yang menyebabkan perubahan aktivitas pencernaan dan penurunan gula darah, sebagai akibat dari pemenuhan kebutuhan energi dari plasenta.

Mengutip Medical News Today, faktor lain yang mungkin menyebabkan mual pada ibu hamil muda terkait dengan indra penciuman. Penciuman ibu hamil muda lebih sensitif selama kehamilan, dan hal ini dapat meningkatkan perasaan mual.


Mual muntah ini biasanya terjadi selama 3 bulan pertama kehamilan, dan sebagian besar akan mereda hingga trimester kedua. Kabar baiknya, penelitian menunjukkan bahwa mual dan muntah selama kehamilan adalah pertanda baik, dan terkait dengan risiko keguguran yang lebih rendah.

Ada berbagai cara untuk meredakan mual pada ibu hamil muda, salah satunya dengan makanan. Apa saja makanan untuk ibu hamil muda agar tidak mual? Berikut daftarnya:

1. Roti tawar

Makanan yang tinggi pati seperti roti mampu membantu menyerap asam lambung dan menenangkan perut mual. Untuk ibu hamil muda bisa makan roti tawar agar mualnya teratasi.

2. Biskuit

Menurut Erin Palinski-Wade, RD, CDE, penulis Belly Fat for Dummies, biskuit memiliki sifat hambar dan membantu memuaskan rasa lapar. Ingat rasa lapar yang berlebihan dapat memperburuk mual.

"Sifat hambar dari biskuit membantu memuaskan rasa lapar tanpa bau atau rasa yang kuat yang dapat meningkatkan rasa mual," kata Palinski-Wade, dikutip dari Everyday Health.

3. Kentang

Kentang bisa direbus, dikukus, dipanggang atau dihaluskan dengan sedikit mentega dan susu untuk kalori ekstra. Sama seperti roti, kentang adalah makanan yang tinggi pati sehingga kentang menjadi pilihan yang baik jika ibu hamil muda mengalami mual.

4. Pisang rebus

Pisang mengandung kalium yang bisa meredakan mual. Terlebih jika Bunda mengalami muntah, kalium akan hilang dan keluar saat muntah. Bunda bisa mengonsumsi langsung atau merebusnya.

5. Apel

Makanan berserat sangat membantu membersihkan bahan kimia penyebab mual dari sistem percenaan Bunda selama hamil muda. "Serat memperlambat pencernaan, jadi mungkin saja perlambatan transit usus dapat membantu melancarkan pencernaan dan meredakan mual," kata Erin Palinski-Wade.

6. Jahe

Mengutip Healthline, jahe mengandung senyawa bioaktif, seperti gingerol, paradol dan shogaol, yang dianggap berinteraksi dengan sistem saraf pusat dan perut Bunda untuk memperbaiki gejala mual. Sebuah penelitian juga menunjukkan jahe bisa menjadi pengobatan yang aman dan efektif untuk mual selama kehamilan.

7. Popsicle atau es loli

Popsicle buah bisa mengatasi mual ibu hamil muda. Dilansir Insider, es loli dapat membantu Bunda saat mual atau morning sickness semakin kuat.

Semoga daftar makanan di atas bisa Bunda makan dan mengatasi mual selama hamil muda ya.

Simak juga video soal ciri-ciri hamil yang jarang disadari:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi