kehamilan

Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Soda?

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 08 Jul 2019 20:00 WIB
Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Soda?
Jakarta - Cuaca panas, bikin beberapa Bunda tergoda untuk mencicip minuman bersoda. Melihat gelembung-gelembung segar yang ada di dalam soda rasanya ingin segera meneguknya. Hmm, tapi bagaimana ya kalau sedang hamil. Boleh enggak ya mengonsumsinya?

Melansir Parenting First Cry, mengonsumsi soda sesekali selama kehamilan tidak akan membahayakan ibu hamil. Tetapi penelitian menunjukkan bahwa minum soda berlebihan selama kehamilan dapat menyebabkan masalah seperti keguguran. Inilah yang perlu diwaspadai ya, Bun.

Sebuah studi oleh American College of Obstetricians and Gynaecologist menunjukkan seorang ibu hamil tidak boleh mengonsumsi lebih dari 200 mg kafein per hari. Sementara dalam satu porsi soda mengandung 32-42 mg kafein. Jika Bunda enggak tahan untuk meminumnya, disarankan untuk membatasi konsumsi soda dalam batas aman, yaitu satu porsi per hari.


Juliana Cohen, asisten profesor di Merrimack College di North Andover, Mass, mengatakan bahwa setiap ibu hamil tentu saja menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya. Salah satu hal yang bisa dilakukan yakni dengan menghindari hal-hal buruk yang bisa mengganggu kehamilan.

Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Soda?Amankah ibu hamil minum soda? Foto: iStock
"Salah satu yang bisa Bunda lakukan dengan membatasi asupan gula tambahan, terutama minuman manis seperti minuman buah, minuman kesehatan, dan soda," katanya, seperti dikutip dari laman WebMd.

Meski demikian, Mitchell Kramer, Chairman of Obstetrics and Gynecology di Huntington Hospital di New York, mengatakan, sebaiknya wanita tidak perlu panik. Sebab, sebagian besar wanita hamil kemungkinan hanya mengonsumsi soda sesekali. Dan itu tidaklah mengkhawatirkan.

Nah, agar lebih aman, tak ada salahnya membatasi asupan Bunda selama kehamilan dan fokus pada nutrisi sehat yang memang dibutuhkan bayi Bunda ya. Semoga kehamilannya sehat selalu, Bun.

Simak juga yuk, perbedaan hamil anggur dan hamil di luar kandungan dalam video berikut!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi