Sign Up search


kehamilan

5 Jenis Makanan dan Minuman Ampuh Atasi Morning Sickness

Annisa Afani Senin, 23 Mar 2020 19:03 WIB
5 Jenis Makanan dan Minuman Ampuh Atasi Morning Sickness Ilustrasi ibu hamil/ Foto: iStock
Jakarta - Pada saat hamil muda, sebagian besar ibu hamil akan merasakan morning sickness atau mual di pagi hari. Hal ini tentunya membuat kegiatan sehari-hari menjadi kurang nyaman ya Bun.

Selain itu, morning sickness juga dapat mengganggu nafsu makan Bunda. Hal ini pun bisa cukup mengkhawatirkan janin dalam kandungan jika tidak mendapat nutrisi yang cukup.


Untuk menghadapi masalah tersebut, perlu bagi ibu hamil agar mengetahui beberapa makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi. Dilansir dari Healthline, berikut makanan dan minuman yang dapat mengatasi rasa mual tersebut:


1. Air mineral

Meski sedang mual dan terus-menerus muntah, perlu bagi ibu hamil untuk tetap minum cairan agar tetap terhidrasi.

Air mineral adalah sumber hidrasi yang tepat. Namun, jika ibu hamil juga mengalami diare, maka perlu mengganti cairan elektrolit yang hilang dengan air kelapa atau sesuai anjuran dari dokter.

Beberapa minuman terbaik untuk melawan dehidrasi dan mual, di antaranya air mineral, minuman isotonik, dan air kelapa.

Pilih minuman yang tidak terlalu manis ya Bun. Beberapa minuman lain seperti kopi atau susu justru dapat memperparah keadaan. Jadi ada baiknya untuk dihindari minuman tersebut selama mual dirasakan.

2. Pisang

Saat mual pasti sangat sulit untuk makan. Padahal selama masa kehamilan, perlu bagi ibu hamil agar tetap menjaga pola makan. Hal ini agar Bunda tetap ternutrisi dan memiliki energi. Jika sakit, energi tersebut sangat dibutuhkan agar tetap kuat dan cepat pulih.

Pisang adalah salah satu buah yang dapat dijadikan camilan bergizi dan padat energi. Dan buah ini juga mudah dikonsumsi karena teksturnya yang lembut, sehingga tidak sulit dikunyah.

Terlebih lagi, pisang membantu menggantikan kalium yang mungkin hilang jika muntah atau diare. Dengan satu pisang berukuran sedang, terkandung 105 kalori, 27 gram karbohidrat, memenuhi 12 persen dari kebutuhan potasium harian dan 22 persen dari vitamin B6.

Makanan lunak, dan padat energi lainnya yang dapat menggantikan pisang, yakni alpukat, bubur, buah rebus, kentang dan selai kacang.

{SEO} 5 Jenis Makanan dan Minuman Ampuh Atasi Morning SicknessPisang/Foto: iStock

3. Protein

Satu studi mengatakan bahwa makanan kaya protein secara signifikan mengurangi gejala mual, dibandingkan dengan makanan kaya karbohidrat atau lemak pada ibu hamil.

Mual yang disebabkan kasus lain, seperti mabuk perjalanan, dianjurkan untuk diberi minuman kaya protein atau karbohidrat sebelumnya. Disebutkan juga bahwa minuman kaya protein terbukti paling efektif dalam menekan gejala mual.

Studi lain juga dilakukan pada pasien yang menjalani kemoterapi bahwa kombinasi suplemen jahe dan protein pun mengurangi rasa mual yang dihadapinya. Tidak jelas mengapa protein memiliki efek mengatasi mual. Hipotesisnya adalah itu membantu menormalkan aktivitas lambung dengan meningkatkan sekresi hormon gastrin.

Makanan kaya protein sangat penting bagi orang yang mengalami mual kronis karena penyakit. Selain itu, membantu menjaga tubuh kuat dan mengurangi risiko kekurangan gizi.

4. Teh herbal

Teh herbal juga bisa digunakan sebagai obat untuk mual lho Bun. Bahkan, satu studi menemukan bahwa 21,7 persen dokter kandungan merekomendasikan kepada ibu hamil yang mengalami mual.

Minum secangkir teh dengan ditambahkan daun mint atau seiris lemon ke dalamnya bisa meredakan mual. Bahkan jika tidak menunjukkan efek apapun, minuman tersebut tetap mampu membantu hidrasi karena muntah. Meski tidak ada bukti ilmiah, namun percobaan tersebut bisa ditoleransi karena memang benar bisa mengatasi rasa mual.


5. Jahe

Jahe adalah salah satu rempah yang paling sering kita pakai untuk bumbu dapur, ya Bun. Rempah dari Asia Tenggara ini juga digunakan sebagai obat untuk masalah perut dalam pengobatan tradisional.

Jahe memiliki banyak kandungan senyawa bioaktif, di antaranya gingerol, paradol dan shogaol. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat mengurangi mual yang disebabkan oleh kehamilan muda, mabuk perjalanan, operasi dan kemoterapi. Jahe umumnya dikonsumsi sebagai wedang (air hangat), ditambahkan dalam teh, dibuat menjadi biskuit atau permen.

Mitos atau fakta, mual saat pagi hari katanya sebagai tanda hamil anak perempuan. Jawabannya bisa ditonton pada video berikut ya Bun:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi