kehamilan

Pola Hidup Sehat ala Shandy Aulia Saat Hamil

Asri Ediyati Selasa, 30 Jul 2019 11:03 WIB
Pola Hidup Sehat ala Shandy Aulia Saat Hamil
Jakarta - Mau memasuki trimester kedua kehamilan, Shandy Aulia berbagi tentang pola hidup sehatnya saat hamil. Istri David Herbowo ini juga mengaku tak pernah merasakan ngidam. Hal ini karena ia selalu bisa mengonsumsi makanan yang disukainya.

"Ngidam sih enggak, sering mual dan eneg, karena mau masuk 4 bulan, mualnya lebih berkurang. Saya termasuk yang makan apa saja, tadi pagi saya makan pempek, makan mi Korea, sekali-kali boleh lah. Lalu, saya suka makan daging merah, saya suka shabu-shabu (sayuran), yang rebus-rebus," kata Shandy Aulia saat ditemui HaiBunda di bilangan Thamrin, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Soal makanan yang baik dikonsumsi, di trimester pertama kehamilan, penting banget bagi Bunda mengasup makanan yang baik untuk tumbuh kembang janin.


"Di trimester pertama kehamilan, ibu hamil penting mengonsumsi makanan seimbang dan bergizi. Namun di awal kehamilan ibu hamil penting mengonsumsi makanan yang baik untuk pertumbuhan otak janin seperti omega-3 dan asam folat," kata ahli gizi Adda Bjarnadottir, MS, dikutip dari Healthline.

Bjarnadottir menyebutkan, ibu hamil terutama di trimester pertama jangan absen makan daging. Mengingat daging dibutuhkan banget untuk sumber zat besi dan sumber mineral serta pembentuk sel darah merah. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia yang berujung pada perkembangan otak janin.

Untuk sayuran, Bunda juga perlu konsumsi sayur brokoli. Sayuran yang satu ini kaya akan serat , vitamin C, vitamin K, vitamin A, kalsium, zat besi, folate dan potassium. Makan brokoli rutin juga meningkatkan imunitas ibu hamil dan janin.
Shandy Aulia/ Shandy Aulia/ / Foto: Asep Syaifullah
Rajin yoga dan pilates

Lalu, untuk olahraga, Shandy Aulia memilih olahraga pilates dan yoga. Shandy bilang yoga untuk melatih pernapasan, sedangkan untuk memperbaik postur tubuh dan stretcing, Shandy mengandalkan pilates.

"Kegiatan olahraga saat ini pilates dan yoga. Kalau yoga untuk pernapasan, pilates lebih kepada postur dan stretching. Kalau pilates seminggu dua kali, kalau yoga seminggu sekali dan durasinya setiap sesi 1 jam sudah cukup," ujarnya.

Olahraga memang penting banget buat ibu hamil untuk menjaga kesehatan ibu dan calon bayi. Selain mengatur pernapasan seperti dikatakan Shandy Aulia, menurut instruktur yoga, Jo Grooms manfaat prenatal yoga pada ibu hamil bisa membantu peregangan dan pelonggaran otot selama persalinan.

Kemudian, ibu hamil yang berlatih prenatal yoga tingkat stresnya bisa berkurang. Bila diakukan secara teratur, prenatal yoga bisa memperlambat perubahan selama kehamilan.

"Prenatal yoga juga bisa membantu mengurangi tekanan darah, memperbaiki kualitas tidur dan sistem pencernaan dan memperkuat otot dan sendi," kata Grooms dilansir Essential Baby.

Simak juga teknik rebozo untuk melancarkan persalinan.

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi