kehamilan

Syahnaz Sadiqah Pakai High Heels Saat Hamil, Apa Kata Dokter?

Yuni Ayu Amida Rabu, 31 Jul 2019 13:00 WIB
Syahnaz Sadiqah Pakai High Heels Saat Hamil, Apa Kata Dokter?
Jakarta - Usia kandungan Syahnaz Sadiqah kini memasuki trimester kedua, Bunda. Namun, istri Jeje 'Govinda' ini tetap nekat pakai sepatu hak tinggi atau high heels.

"Emang niat cari sepatu yang senyaman mungkin biar enggak pegal. Katanya enggak boleh pakai heels, tapi saya maunya tetep ada heels tapi sedikit aja," ujar Syahnaz, dikutip dari detikcom.

Adik Raffi Ahmad ini sebenarnya tahu bahwa ibu hamil tidak dianjurkan pakai sepatu hak tinggi. Itu sebabnya, agar merasa lebih aman, Syahnaz sengaja memilih heels yang tidak terlalu tinggi.


"Iya ini sengaja heelsnya yang pendek, enggak terlalu tinggi supaya enggak pegel," ujarnya.

Syahnaz memang sangat menjaga kehamilan pertamanya sejak awal. Terbukti, pernah saat jalan ke mal, Syahnaz sampai harus duduk di kursi roda. Namun saat ini, Syahnaz dan suami mengaku sudah bisa lebih santai menyikapi kehamilan.

"Sekarang sudah enggak se-protect waktu kemarin, pakai kursi roda. Sekarang sudah boleh naik pesawat, jadi santai aja. (Sebagai) suami kasih support, kasih makan yang banyak," kata Jeje, dalam kesempatan yang sama.

Syahnaz Sadiqah Pakai High Heels Saat Hamil, Apa Kata Dokter?Syahnaz Sadiqah dan Jeje 'Govinda'/ Foto: Instagram/syahnazs

Hmm, sebenarnya aman enggak sih, ibu hamil pakai heels? Dijelaskan dr.Hari Nugroho, Sp.OG, dari RSUD Dr. Soetomo Surabaya, sebaiknya setelah usia kandungan 12 minggu Bunda jangan memakai high heels. Karena, pemakaian sepatu hak tinggi bisa mengakibatkan perubahan postur bahkan saat Bunda tidak hamil.

"Makin besar usia kehamilan, dan makin tinggi high heels-nya, makin berat kompensasi tubuh kita," ujar Hari.

Selain itu, dilansir The Pregnancy Centre, high heels bisa membuat betis Bunda mengencang dalam waktu lama. Sehingga, bisa mengakibatkan kram.

Itu sebabnya, saat hamil, Bunda harus mengurangi intensitas pemakaian sepatu hak tinggi untuk menghindari kram. Jika ada keluhan sakit punggung saat pemakaian, segeralah ganti alas kaki dari high heels jadi flat shoes atau alas kaki tanpa tumit tinggi.

Bunda, simak juga yuk penjelasan dokter tentang kondisi perempuan yang rentan mengalami hamil anggur, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi