kehamilan

Hamil Anak Pertama, Shandy Aulia Nikmati Me Time & Atur Kamar Bayi

Asri Ediyati Senin, 05 Aug 2019 06:51 WIB
Hamil Anak Pertama, Shandy Aulia Nikmati Me Time & Atur Kamar Bayi
Jakarta - Hamil anak pertama, Shandy Aulia mengaku suka menikmati me time. Hal ini ia lakukan supaya happy dan enggak memikirkan hal negatif tentang kehamilannya. Dikatakan Shandy, ia sudah mulai mencicil persiapan untuk menyambut si kecil.

Selain kontrol yang rutin dengan dokter, Shandy melakukan persiapan untuk kamar bayinya. Hal ini ia lakukan karena baru saja pindah rumah. Namun, untuk pakaian bayi, Shandy mengaku masih belum membelinya.

"Persiapannya sih masih dikit, masih seputar kontrol dengan dokter. Terus aku juga lebih enjoy me time sendiri. Kalau beli barang-barang tunggu lima bulan deh soalnya enggak mau beli sekarang, ada koleksi baru yang lebih lucu, nyesel kan, apalagi aku lapar mata," kata Shandy saat ditemui HaiBunda, di bilangan Thamrin, Jakarta Pusat, baru-baru ini.


Saat mengatur kamar bayi, Shandy benar-benar pastikan di rumah harus bersih dari debu. Shandy juga punya alergi sama debu, jadi ia khawatir bayinya kelak juga memiliki alergi akibat debu.

Saat ditanya soal pakaian ibu hamil, Shandy juga sama sekali belum membelinya. Katanya, sebisa mungkin ia menggunakan pakaian yang masih muat, Bun.

"Perlengkapan ibu hamil malah belum, sebisa mungkin menggunakan yang ada aja. Cuma mungkin pakaian dalam kali ya, aku merasa semakin montok, misalnya cup branya yang lebih besar. Harus mulai adjust, kalau pakai yang ukuran sekarang kan lebih tight, jadi mulai ganti," ujar Shandy.
Shandy Aulia dan suami/ Shandy Aulia dan suami/ / Foto: Instagram @shandyaulia
Kembali lagi soal me time pada ibu hamil, me time atau waktu untuk diri sendiri ternyata sangat penting dilakukan oleh ibu hamil (bumil). Pakar mengatakan me time bisa mencegah ibu hamil stres, yang jika stres itu dibiarkan bisa berlanjut menjadi depresi.

dr Tirsa Verani, SpOG dari Brawijaya Women and Children Hospital mengatakan, beban yang ditanggung bumil cukup berat. Selain harus akrab dengan mual dan muntah, kewajiban utama seperti melayani suami serta bekerja tentunya tak bisa ditinggalkan.

"Apalagi hormon kehamilan membuat perasaan atau mood bumil sering labil. Jika dibiarkan akan menjadi post-patum depression atau depresi paska kelahiran yang akan sangat bahaya bagi ibu," tutur Tirsa.

Karena itu, me time menurut dr Tirsa sangat penting untuk dilakukan oleh ibu hamil. Selain untuk relaksasi, me time juga berpengaruh untuk membuat mood atau perasaan bumil tetap senang sehingga dapat menjalani kehamilan tanpa stres.

dr. Grace NS Wardhana, Sp.KK., juga dari Brawijaya Women and Children Hospital, mengatakan me time bagi ibu hamil bisa dilakukan sembari mencegah munculnya stretch mark. Caranya dengan mengoleskan essential oil ke tubuh sehabis mandi, sembari mengajakan janin berbincang.

"Banyak essential oil yang baunya harum ya, sehingga bisa ada efek relaksasinya juga. Olesin aja di badan sehabis mandi, sambil ajak babynya ngomong, ini juga termasuk me time bagi bumil," urainya dikutip dari detikcom.

Dear bumil, tonton juga yuk, video tentang cara menghitung usia kehamilan.

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi