kehamilan

Shandy Aulia Berolahraga Pilates Saat Hamil, Apa Manfaatnya?

Yuni Ayu Amida Kamis, 01 Aug 2019 13:37 WIB
Shandy Aulia Berolahraga Pilates Saat Hamil, Apa Manfaatnya?
Jakarta - Kehamilan aktris cantik Shandy Aulia saat ini sudah memasuki trimester kedua. Untuk menjaga kebugaran tubuh, bintang film horor Kutuk ini tetap berolahraga pilates.

Di akun Instagram @shandyaulia, dia mengunggah video saat sedang olahraga pilates. Shandy juga menuliskan tentang manfaat pilates bagi ibu hamil.

"Bagaimana pilates membantu kehamilan saya? Menguatkan otot perut, punggung, dan sadar panggul yang merupakan area yang dapat menyebabkan masalah selama kehamilan dan setelah melahirkan. Jadi ini adalah latihan yang bagus untuk dilakukan ketika Anda sedang hamil," tulis Shandy, dalam terjemahan Bahasa Indonesia.




Meski demikian, istri David Herbowo ini juga menuturkan bahwa sebaiknya untuk melakukan olahraga ini, ibu hamil mesti didampingi instruktur pilates yang berpengalaman dan terlatih dalam mengajar wanita hamil. Hal ini tentunya untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Wanita 32 tahun ini juga mengungkapkan banyak manfaat yang didapat dengan melakukan pilates rutin, seperti memperkuat otot perut, mengurangi sakit punggung, memperkuat panggul, meningkatkan keseimbangan, melepaskan ketegangan dari punggung dan panggul, serta mengendalikan pernapasan. Tulisan ini dia kutip dari penasihat medis Baby Centre.

[Gambas:Instagram]



Apa yang dilakukan Shandy ini menuai reaksi dari warganet. Banyak yang mengungkapkan kengiluannya melihat olahraga Shandy. Tapi mereka juga mendoakan, semoga kandungan Shandy baik-baik saja.

"Ka sandy yg olahraga q yg ngilu liat perutnya..seht sll mom n debay," tulis seorang netizen.

"Hati2 dan pelan2 ya...kandungan masih rawan...kalau sdh umur kandungan diataas 5 bulan baru save," timpal netizen lainnya.

Bicara soal manfaat olahraga pilates untuk ibu hamil, dikatakan instruktur pilates sekaligus ahli fisioterapi, Susan Sherriany Tundoong, pilates bisa mempermudah wanita ketika persalinan. Hal ini karena pilates membuat otot perut menjadi kencang dan meningkatkan stamina wanita.

"Saya sudah melahirkan tiga kali, yang terakhir tanpa dibantu dokter, nge-push sendiri. Otot perutnya jadi kuat saat mendorong bayi keluar, staminanya juga pasti lebih bagus," ujar Susan, dikutip dari detikcom.

Selain itu, pilates juga bisa membantu wanita yang sedang menjalani program kehamilan lho, Bun. Wanita yang susah hamil bisa dirangsang untuk hamil dengan melakukan beberapa teknik pilates.

"Kalau susah hamil, nanti kita berikan pelvicore exercise saat pilates, itu bisa merangsang peredaran darah di dalam rahim. Kalau sudah bagus peredaran darahnya jadi nanti dia gampang untuk isi (hamil)," jelas Susan.

Melansir Fox News, contoh kegiatan olahraga yang aman bagi wanita hamil di antaranya berjalan, berenang, bersepeda stasioner, yoga, atau pilates yang dimodifikasi. Dikatakan pakar kebugaran Lisa Druxman, meskipun ibu hamil boleh berolahraga, tapi harus tetap mendengar dan merasakan tubuhnya. Serta jangan terlalu keras dalam berolahraga.

"Olahraga harus meningkatkan energi, bukan penipisan energi. Bayi bisa merasakan apa yang dirasakan ibu, yang penting olahraga dengan konsisten, karena ini bukan kompetisi," tegas Druxman.

[Gambas:Video 20detik]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi