kehamilan

Pentingnya Suami Menghindari Stres Saat Istri Hamil

Maya Sofia Senin, 19 Aug 2019 13:09 WIB
Pentingnya Suami Menghindari Stres Saat Istri Hamil
Jakarta - Ayah, sudahkah memberi dukungan dan perhatian kepada istri yang sedang hamil agar tetap sehat dan bahagia? Ibu hamil membutuhkan perhatian lebih dari suami lho.

Ada baiknya, Ayah juga menjaga kondisi kesehatan mental saat istri hamil, seperti menghindari stres. Sebab, menurut penelitian yang dilakukan University of Cambridge, ayah yang mengalami stres selama istri hamil cenderung memiliki anak dengan masalah emosi dan perilaku.

Mengutip Telegraph, sebelumnya, sebuah penelitian berhasil menemukan hubungan antara ibu yang memiliki masalah kesehatan mental saat periode prenatal dengan perilaku bermasalah anak-anak mereka. Namun studi terbaru yang dilakukan University of Cambridge, merupakan yang pertama meneliti kedua orang tua, yakni bunda dan ayah serta menelusuri perkembangan anak mereka selama dua tahun.


Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Development & Psychopathology tersebut meneliti pengalaman 438 calon orang tua baru di Inggris Timur, New York, dan Belanda. Peneliti kemudian melihat perkembangan anak selama empat, 14, dan 24 bulan setelah kelahiran.

Pentingnya Suami Menghindari Stres Saat Istri HamilIlustrasi kehamilan/Foto: thinkstock

Hasil penelitian menunjukkan bahwa bayi dari ayah yang mengalami stres memperlihatkan kegelisahan yang tinggi dan amarah lebih banyak daripada bayi yang ayahnya sehat dan bahagia sebelum mereka dilahirkan.

Peneliti juga menemukan bahwa bayi berusia dua tahun lebih cenderung memperlihatkan masalah emosional, seperti rasa khawatir, tidak bahagia, menangis, serta mudah takut pada situasi baru jika orang tua mereka mengalami masalah hubungan di awal periode postnatal.

Meski faktor genetik dapat menjelaskan sebagian keterkaitan antara kesehatan ayah saat periode prenatal dengan perkembangan emosi dan perilaku anak, namun hal itu belum dapat sepenuhnya menjelaskan korelasi.

Peneliti mengatakan, hal tersebut dapat dijelaskan dengan penularan stres fisiologis pada ibu hamil yang tinggal dengan suami yang tidak bahagia atau cemas, bahkan meski sang ibu tidak mengalami hal tersebut.

"Temuan kami menyoroti perlunya dukungan yang lebih efektif dan lebih awal untuk pasangan dalam mempersiapkan mereka menjalani transisi menjadi orang tua," ujar salah seorang peneliti, Professor Claire Hughes.

Nah, para Ayah yuk mulai hindari stres dan beri dukungan yang lebih besar kepada istri saat mereka hamil. Ayah juga bisa cek penyebab ngidam pada pria dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(som/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi