kehamilan

9 Tanda Melahirkan Normal yang Jarang Ibu Hamil Sadari

Yuni Ayu Amida Rabu, 28 Aug 2019 14:07 WIB
9 Tanda Melahirkan Normal yang Jarang Ibu Hamil Sadari
Jakarta - Perempuan yang baru pertama kali hamil tak jarang merasa cemas dan takut saat menghadapi persalinan. Itu sebabnya, ibu hamil perlu dibekali pengetahuan medis tentang tanda-tanda akan segera melahirkan.

Dikatakan dr.Alfiben, Sp.OG, dari RS Permata Depok, salah satu tanda akan segera melahirkan adalah keluarnya lendir atau flek darah dari vagina. Selain itu, munculnya rasa mulas yang semakin lama semakin kuat dan sering.

Senada dengan itu, dr.M Nurhadi Rahman, Sp.OG, dari RSUP Dr Sardjito Yogyakarta, mejelaskan, rasa mulas tersebut normalnya datang 2 - 3 kali dalam rentang waktu 10 menit. Namun, pada kehamilan pertama rasa mulas bisa datang 3 - 4 kali.


"Jadi, beberapa hal yang harus diwaspadai, seperti kontraksi yang semakin sering. Kemudian keluaran cairan atau terasa kencing yang tidak dapat ditahan, maka harus segera ke rumah sakit, takutnya itu air ketuban," ujar dokter yang akrab disapa Adi, dikutip dari detikcom.

Selain itu, melansir dari Stay At Home Mum, berikut 9 tanda melahirkan normal yang kadang jarang ibu hamil sadari:

1. Kontraksi palsu sering muncul

9 Tanda Melahirkan Normal yang Jarang Ibu Hamil SadariFoto: Thinkstock

Mendekati hari kelahiran, Braxton Hicks atau kontraksi palsu semakin sering muncul. Masalahnya, jauh dari hari persalinan, kontraksi palsu juga sesekali muncul. Ini membuat ibu hamil kadang tidak menyadari waktu melahirkan segera tiba.

Perlu diketahui, kontraksi palsu akan memudar dan berhenti. Namun kontraksi asli tidak akan hilang, teratur, dan ini menandakan akan terjadi persalinan.

2. Kram seperti menstruasi

Ibu hamil mungkin tidak menyadari, rasa sakit kram yang dialami kadang menyatu dengan hal lain. Jika Bunda merasakan kram seperti sedang menstruasi, ini patut dicurigai sebagai tanda awal akan melahirkan. Apalagi, jika kram ini terasa semakin kuat dan menyakitkan.

3. Resah di malam hari

Banyak wanita tidak bisa beristirahat malam sebelum persalinan. Hal ini membuat bumil merasa gelisah luar biasa, kaki tidak berhenti bergerak, dan sulit menemukan posisi yang nyaman. Ini artinya, waktu persalinan tidak akan lama lagi.

4. Vagina bengkak

Labia (bibir vagina) bumil benar-benar dapat membengkak selama tahap akhir kehamilan. Dengan bayi bergerak lebih jauh ke bawah, ke posisi melahirkan, ini membuat lebih banyak tekanan pada bagian-bagian vagina, yang pada akhirnya membuatnya semakin terasa besar dan bengkak.

5. Diare

Mendekati waktu melahirkan, Bunda mungkin akan sering buang air besar. Hal ini karena tubuh secara alami mencoba membuang apa pun di usus sebelum persalinan. Apalagi dengan Bunda mengosongkan usus, janin punya lebih banyak ruang untuk bergerak.

6. Nyeri punggung bawah

Jika kita merasakan nyeri di punggung, ini bisa jadi pertanda persalinan sudah dekat. Nyeri punggung bagian bawah biasanya disebabkan oleh bayi yang masuk posisi melahirkan, dan ini bisa sangat menyakitkan.

7. Menggigil

Perubahan hormon dari otak yang memberi tahu tubuh kita akan segera melahirkan dapat menyebabkan tubuh menggigil atau gemetar. Meski demikian, hal ini cukup jarang terjadi.


8. Pecah ketuban

Jika Bunda merasakan rembesan air yang konstan dari vagina, bisa jadi ini tanda air ketuban telah pecah. Jika Bunda mengalami ini, segeralah hubungi dokter atau bidan karena ini tanda akan segera melahirkan.

9. Perasaan ingin beres-beres

Kebanyakan wanita yang akan melahirkan mendapatkan gelombang energi untuk memastikan rumah bersih, pakaian rapi, atau lantai disapu bersih. Bunda tidak bisa duduk tenang, selalu ada keinginan untuk memastikan tidak ada yang berantakan di rumah.

Simak pula cara membersihkan tali pusar bayi ini, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi