menyusui

Mengenal Kandungan Fenugreek yang Diyakini Bisa Jadi ASI Booster

Melly Febrida Kamis, 22 Aug 2019 07:01 WIB
Mengenal Kandungan Fenugreek yang Diyakini Bisa Jadi ASI Booster
Jakarta - Bunda tentu tak asing dengan fenugreek. Ya, herbal ini dipercaya bagus untuk ibu menyusui karena diyakini ampuh menjadi ASI booster. Selain itu, herbal yang sudah digunakan selama ribuan tahun ini mengandung banyak nutrisi.

"Fenugreek adalah ramuan yang telah digunakan selama ribuan tahun untuk mengobati berbagai kondisi mulai dari masalah kulit hingga rasa sakit, penyakit pencernaan, dan banyak lagi," kata Jessica Cording, M.S., R.D., CDN, ahli diet terdaftar dan pelatih kesehatan.

Cording bilang, fenugreek (Trigonella foenum-graecum), juga dikenal sebagai methi dan shambalileh, yakni tanaman yang merupakan bagian dari keluarga Fabaceae atau kacang polong. Tanaman ini berasal dari Asia dan Mediterania, biasanya tingginya sekitar 2 sampai 3 kaki dan terdiri dari daun berbentuk tombak hijau dan bunga putih kecil dengan polong yang berisi biji kecil berwarna cokelat kekuningan dengan aroma khas.


"Orang sering menggunakan fenugreek dalam bentuk biji segar, biji kering, daun ranting, akar, hingga berbentuk bubuk. Belakangan ini, sains modern menemukan fenugreek, yang merupakan bahan pokok kuno dalam masakan India, Mesir, dan Timur Tengah serta pengobatan ayurveda dan Cina, banyak digunakan untuk kesehatan," tambah Cording mengutip Mind Body Green.

Daun dan biji fenugreek juga bisa dimakan dan digunakan untuk memasak. Rasanya kuat, agak manis, dan sedikit pahit. Fenugreek biasanya digiling dan dijadikan campuran masakan seperti kari, bahkan teh.

"Fenugreek kaya nutrisi. Satu sendok makan biji fenugreek mengandung 3 gram protein, 3 gram serat, 20 persen dari kebutuhan harian zat besi, dan 5 persen dari kebutuhan harian magnesium. Kalorinya 36," tambah Cording.

Sementara itu, neirolog integratif Ilene Ruhoy, M.D, Ph.D., mengatakan fenugreek biasa digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan, diabetes, dan nyeri haid karena biji fenugreek mengandung flavonoid, alkaloid, kumarin, dan saponin. Bahan-bahan tersebut disebut Ruhoy bisa membuat fenugreek bersifat anti-inflamasi, antioksidan, dan anti-platelet.

ilustrasi fenugreekilustrasi fenugreek/ Foto: iStock
Mengutip Medical News Today, apoteker Zara Risoldi Cochrane, PharmD, MS, FASC mengatakan fenugreek juga mengandung kolin, inositol, biotin, vitamin A, vitamin B, vitamin D, serta serat larut dan tidak larut.



Orang dari berbagai budaya di sepanjang sejarah juga menggunakan fenugreek sebagai obat. Dalam pengobatan ayurveda, fenugreek digunakan sebagai obat perangsang gairah seksual dan mengatasi masalah pencernaan. Di Mesir, biji fenugreek digunakan untuk meningkatkan produksi ASI dan meredakan nyeri haid.

Melansir dari Breastfeeding Support, efektivitas fenugreek sebagai ASI booster memang belum terbukti secara ilmiah. Beberapa wanita mengaku fenugreek tak terlalu berpengaruh pada produksi ASI, sedangkan yang lain justru merasa ASI-nya berkurang.

Bunda, simak juga sarapan sehat untuk ibu menyusui di video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi