Sign Up search


kehamilan

Pilihan Posisi Seks Bagi Ibu Hamil yang Tak Percaya Diri

Maya Sofia Rabu, 28 Aug 2019 20:09 WIB
Pilihan Posisi Seks Bagi Ibu Hamil yang Tak Percaya Diri
Jakarta - Tak bisa dimungkiri banyak ibu hamil mengalami krisis kepercayaan diri. Perubahan bentuk tubuh hingga bobot tubuh yang naik menyebabkan ibu hamil tak nyaman dan risau.

Dalam buku 30 Perubahan Tubuh Selama Hamil dengan supervisi dr. Arie Adrianus Polim, D.MAS, Sp.OG(K), dijelaskan, selama hamil, tubuh Bunda akan memproduksi dan menahan cairan sekitar 30 persen lebih banyak dari biasanya. Hal ini menyebabkan pembengkakan wajah, kaki, dan jari tangan.

Hal lain yang juga kerap menyebabkan ibu hamil tak percaya diri adalah payudara yang semakin membesar. Perlu Bunda ketahui, pembesaran payudara disebabkan bertambahnya kelenjar penghasil susu dan jumlah lemak yang ada di sekitar payudara.


Tak hanya itu perubahan warna kulit di beberapa bagian tubuh juga turut menyumbang krisis kepercayaan diri pada ibu hamil. Pada puting payudara dan area di sekitarnya, warna akan semakin gelap karena pengaruh pigmen hormon kehamilan.

Sementara pada wajah, tak jarang muncul bintik berwarna cokelat atau kuning yang disebut melasma atau topeng kehamilan. Melasma muncul karena pengaruh hormon progesteron dan estrogen yang terdapat pada sel melanin dan kulit.

Pilihan Posisi Seks Bagi Ibu Hamil yang Tak Percaya DiriIlustrasi posisi seks saat hamil/ Foto: iStock

Kondisi lainnya yang juga menyebabkan ibu hamil tak percaya diri adalah munculnya strecth marks atau guratan kulit. Strech marks terbentuk karena adanya peregangan pada kulit dan jaringan elastik pada bagian bawah kulit robek akibat peregangan tadi.

Saat krisis kepercayaan diri muncul akibat perubahan tubuh tersebut, ibu hamil cenderung menghindari hubungan intim dengan pasangan. Namun tak seperti anggapan Bunda, sebetulnya suami justru melihat istri lebih seksi saat hamil lho.

Agar keintiman tetap terjaga meski krisis kepercayaan diri menerpa, Bunda bisa mencoba beberapa posisi seks berikut dikutip dari berbagai sumber.

1. Reverse Cowgirl

Posisi ini mirip woman on top, tetapi bedanya tubuh Bunda membelakangi pasangan. Reverse Cowgirl memungkinkan Bunda memegang kendali penuh sehingga lebih mudah menyesuaikan jika menemukan ketidaknyamanan.

2. Spooning

Ini adalah salah satu posisi seks yang direkomendasikan saat kehamilan. Sebab tak ada tekanan pada perut Bunda. Bunda bisa berbaring dengan pasangan berada di belakang.

Bunda juga bisa simak manfaat bercinta di trimester akhir kehamilan dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(som/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi