kehamilan

5 Cara untuk Bantu Ibu Hamil Batasi Konsumsi Gula

Melly Febrida Senin, 26 Aug 2019 06:56 WIB
5 Cara untuk Bantu Ibu Hamil Batasi Konsumsi Gula
Jakarta - Bunda senang makanan yang manis-manis meski sedang hamil? Sebaiknya memang jangan mengonsumsinya berlebihan, Bun. Sebagai gantinya, Bunda bisa memilih makanan manis yang lebih sehat atau melakukan beberapa tips untuk mengurang konsumsi gula.

Ahli gizi Rebecca Malachi mengatakan ketika makan kue, permen, atau makanan ringan sebenarnya itu tak ada nutrisinya dan biasanya mengandung banyak gula rafinasi. Gula ini memiliki warna lebih putih dengan tingkat kemurnian yang lebih tinggi.

Padahal, sebuah penelitian pernah menemukan ibu hamil yang terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman manis maupun yang berpemanis buatan berisiko melahirkan anak dengan alergi atau asma. Meski, sampai saat ini belum diketahui sebab pastinya.


"Hanya saja kami menduga ini ada kaitannya dengan perubahan pola makan, mengingat konsumsi gula baik alami maupun buatan dan sirup jagung berfruktosa tinggi meningkat dalam kurun yang sama," kata peneliti Annabelle Bedard dari Queen Mary University of London mengutip detikcom.

Untuk itu, Malachi mengimbau sebaiknya Bunda yang senang makan manis memilih alternatif yang lebih sehat seperti biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran yang memiliki gula alami.

Selain itu, untuk mengurangi konsumsi gula selama kehamilan, ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan, mengutip Mom Junction:

1. Batasi makanan dan camilan yang mengandung gula. Atau, Bunda bisa berhenti makan gula rafinasi sama sekali. Jika itu tidak memungkinkan, setidaknya kurangi kue, es krim, kue kering, dan makanan ringan lain dengan tambahan gula.

2. Makan buah-buahan manis seperti mangga, nanas, dan stroberi. Hindari jus buah kemasan karena mengandung gula berlebih.

3. Katakan tidak pada pemanis buatan yang punya efek berbahaya bahkan setelah kehamilan. Coba konsumsi alternatif yang lebih baik seperti gula kelapa atau madu.



4. Perhatikan bahan-bahan dalam makanan kemasan. Bunda mesti tahu jumlah gula yang ada dalam makanan seperti sereal, selai kacang, atau saus. Pastikan Bunda konsumsi produk dengan kadar gula rendah.

ilustrasi asupan gula ibu hamililustrasi asupan gula ibu hamil/ Foto: thinkstock
5. Jangan menyimpan permen, es krim, kue, atau makanan manis di rumah. Beli kalau sedang ingin aja ya, Bun. Kurangi makanan manis seperti selai atau gula saat membuat teh dan kopi.

Bunda, simak juga manfaat teh untuk ibu hamil di video ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi