kehamilan

8 Manfaat Sering Jalan Kaki Jelang Melahirkan Normal

Yuni Ayu Amida Senin, 26 Aug 2019 13:07 WIB
8 Manfaat Sering Jalan Kaki Jelang Melahirkan Normal
Jakarta - Selain mengonsumsi makanan bergizi, ibu hamil perlu olahraga juga lho, Bun. Nah, salah satu olahraga yang mudah dilakukan ibu hamil adalah jalan kaki.

Dikatakan dr.M Nurhadi Rahman, Sp.OG, dari RSUP Dr Sardjito Yogyakarta, jalan kali bermanfat bagi calon ibu yang tengah hamil tua. Salah satunya yakni menguatkan otot kaki dan pinggul.

"Bisa membantu, tetapi tidak melancarkan (persalinan). Cara ini akan melatih otot agar terlatih untuk proses persalinan," tutur dokter yang akrab disapa Adi ini, dikutip dari detikcom.


Sementara menurut penjelasan dr.Alfiben, Sp.OG, dari RS Permata Depok, mengatakan, jalan kaki memang bukan untuk membantu melancarkan persalinan dengan membuat posisi bayi lebih turun. Tetapi, lebih kepada memperkuat otot kaki dan pinggul, sehingga saat melahirkan Bunda bisa lebih kuat.

Meski demikian, olahraga jalan kaki bisa jadi solusi untuk bumil yang sedikit malas berolahraga. Mengutip Parenting Firscry, selain karena olahraga ini mudah dan tidak butuh biaya, ada beberapa manfaat lainnya yang bisa dirasakan, antara lain:

8 Manfaat Sering Jalan Kaki Jelang Melahirkan NormalFoto: iStock


1. Kebugaran tubuh

Berjalan membuat otot kencang dan membuat ibu hamil tetap aktif, juga bugar.

2. Meringankan ketidaknyamanan

Sakit kaki dan ketidaknyamanan karena perut yang membesar bisa ditangani dengan berjalan kaki secara teratur.

3. Mengatur berat badan

Meskipun selama fase hamil Bunda akan mengalami kenaikan berat badan alami, jalan kaki setiap hari bisa membantu menghindari penambahan kalori.

4. Menghindari diabetes kehamilan

Perempuan rentan terhadap diabetes tipe-2 selama hamil. Berjalan membantu mengontrol kadar gula darah, sehingga mengurangi risiko diabetes gestasional tersebut.

5. Turunkan tekanan darah

Perempuan dengan kondisi tekanan darah tinggi cenderung mengalami komplikasi yang disebut pre-eklampsia, di mana persalinan prematur sering terjadi. Berjalan kaki menjaga kadar kolesterol darah, sehingga mengontrol tekanan darah.

6. Bantu atasi masalah kehamilan lain

Masalah seperti mual di pagi hari, kram, dan sembelit biasanya dihadapi selama kehamilan. Berjalan kaki rutin diketahui bisa meringankan semua kondisi ini.

7. Induksi persalinan terasa lebih mudah

Otot pinggul menjadi kencang saat berjalan kaki, yang akan membantu persalinan agar lebih santai.

8. Suasana hati jadi lebih baik

Berjalan kaki di luar rumah memberikan perubahan lingkungan, yang cenderung meningkatkan suasana hati, serta penghilang stres.

Simak pula cara mudah bersihkan tali pusar bayi ini, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi